Siap-siap Mulai 15 Mei Tidak Bisa Kirim Pesan Via WhatsApp!

 Siap-siap Mulai 15 Mei Tidak Bisa Kirim Pesan Via WhatsApp!

Foto | unsplash.com

Samudrapost.com – Jika dulu kita lebih sering berkirim pesan lewat SMS. Sekarang, WhatsApp mampu menggeser fungsi SMS dikarenakan beberapa fitur yang sudah melengkapinya. Berbeda dengan SMS, fungsi WhatsApp tak hanya berikirim pesan dalam bentuk teks saja melainkan dengan gambar, suara dan dokumen.


Apa jadinya jika kita tidak bisa kirim pesan via WhatsApp? Berikut penjelasan informasinya.

Pengguna WhatsApp harus Setuju dengan Aturan Baru

Tanggal 15 Mei 2021, pengguna WhatsApp harus setuju dengan aturan baru terkait dengan layanan pesan instant. Pasalnya, pengguna bakal tidak dapat membalas dan membaca pesan yang masuk dari pengguna lain.


Dilansir dari email yang sempat dikirim kepada partner platform WhatsApp Bisnis, aturan tersebut menyatakan bahwa sejak tanggal 15 Mei mendatang pihak Facebook secara bertahap akan mengajak para pengguna agar bisa menggunakan aplikasi dengan konsep pengaturan yang baru.

Fitur Notifikasi dan Panggilan WhatsApp Masih Bisa Digunakan

Aturan dan konsep baru WhatsApp memang sedang dijalankan dengan tujuan agar fitur baru aplikasi tersebut dapat digunakan para pengguna secara merata. Para pengguna tidak bisa berkirim pesan via WhatsApp apabila mereka tidak menyetujui aturan aplikasi yang terbaru.

Baca juga :  Resmi Diluncurkan 25 Februari, Ini Produk Baru Xiaomi Mengusung

Aturan ini dijalankan dengan maksud agar WhatsApp dapat digunakan dengan aman dan selalu mengikuti perkembangan terupdate. Hingga saat ini WhatsApp juga berupaya melindungi aplikasinya dari peretas, malware dan lainnya.

Jangka Waktu Tidak Bisa Berkirim Pesan Via WhatsApp

Pengguna pasti bertanya-tanya sampai kapan mereka tidak dapat menggunakan fitur bertukar pesan melalui aplikasi ini. Jawabannya masih belum pasti sampai kapan fitur pesan tidak dapat difungsikan.

Yang jelas, pihak aplikasi mengumumkan bahwa ketidakfungsian fitur pesan akan berlangsung dalam beberapa minggu kedepan. Jadi, belum diketahui secara spesifik berapa harinya.

Akun WhatsApp Lama Bakal Dihapus Secara Otomatis

Mengulik sumber informasi yang diperoleh dari situs resmi WhatsApp, aplikasi ini akan dihapus oleh pihak platform. Aturan penghapusan ini dilakukan pada sejumlah akun WhatsApp yang tidak aktif dalam kurun waktu 120 hari. Akun dianggap tidak aktif jika pengguna sudah lama tidak terhubung dengan internet.

Baca juga :  Untuk Menggulangi Covid-19, Aplikasi-Aplikasi Asli Indonesia Ini Bisa Kamu Gunakan

Platform WhatsApp Ingin Memberikan Kebijakan Privasi yang Lebih Aman

Kebijakan ini berlaku pada semua pengguna WhatsApp. Jadi, tidak berlaku pada pengguna yang tidak terima aturan baru saja. Pihak platform aplikasi mejalankan peraturan tersebut dengan tujuan untuk melindungi nomor pengguna supaya tidak disalahgunakan dengan pihak tak bertanggung jawab.

Aturan tersebut dimaksudkan demi membuat kebijakan privasi baru. Anda tak perlu cemas karena anda masih bisa menggunakan pengaturan baru WhatsApp setelah 15 Mei. Setelah menerima kebijakan baru, anda bisa menggunakan aplikasi ini kembali. Yang terpenting, perangkat aplikasi anda selalu terhubung dengan koneksi internet.

Baca juga :  Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Chipset Qualcomm Snapdragon 888

Solusi Sebelum Akun Dihapus

Supaya pesan anda tidak ikut terhapus secara otomatis, ada baiknya anda mengekspor riwayat chatting terlebih dahulu. Sebelum 15 Mei, anda juga disarankan mengamankan dokumen dengan cara memindahkan dokumen  WhatsApp ke dalam drive atau cloud terlebih dahulu. Solusi ini bisa anda jalankan khususnya bagi anda yang bekerja di bidang startup atau administrasi.

Banyak Pengguna yang Salah Menangkap Informasi Ini

Beredarnya informasi tentang tidak bisa kirim pesan via WhatsApp ini ternyata membuat para pengguna resah dan menyebarkan informasi yang tidak benar. Pasalnya, kebijakan ini hanya berlaku pada sesama akun WhatsApp Bisnis saja.

Infromasi WhatssApp sendiri masih dilindungi dengan keamanan enkripsi end-to-end sehingga para pengguna WhatsApp masih bisa bertukar pesan dengan user lainnya. Jangan mudah memaknai dan menangkap informasi sebelum membaca sumbernya dengan jelas ya!

Teliti sebelum membagi informasi lewat media lainnya.

Komentar Facebook

Berita terkait