Menggiurkan, Inilah 5 Ide Bisnis Pertanian Hidroponik Masa Kini

 Menggiurkan, Inilah 5 Ide Bisnis Pertanian Hidroponik Masa Kini

Foto | unsplash.com

Samudrapost.com – Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki lahan yang sangat luas. Lahan tersebut baik yang berupa dataran tinggi maupun dataran rendah, pada umumnya dimanfaatkan untuk pertanian, termasuk hidroponik. Meskipun demikian, bisnis pertanian hidroponik sepertinya masih dipandang sebelah mata. Padahal tidak demikian adanya. Bertani bukan lagi sekedar pekerjaan yang remeh, kotor dan panas.

Bertani Ala Hidroponik Masa Kini

Karena sekarang, usaha pertanian sudah menjadi bisnis dengan peluang yang menjanjikan. Pertanian tidak hanya ditemukan di daerah pedesaan saja. Karena masyarakat kota pun tidak mau ketinggalan dan ikut ambil bagian dalam pekerjaan tersebut.

Hal ini bukan tanpa alasan, bisnis pertanian dianggap memiliki prospek yang lebih menjanjikan. Bertani disinyalir memberikan hasil yang lebih menggiurkan dibandingkan dengan mereka yang bekerja di kantor, lho. Benarkah demikian?

Ini bukan semata-mata berita isapan jempol belaka. Karena pertanian memang disinyalir sebagai salah satu usaha yang menjadi penggerak roda perekonomian terbesar, khususnya di Indonesia. Apalagi jika Anda pandai membidik peluang. Misalnya tidak hanya mengandalkan cara konvensional saja. Tetapi juga diimbangi dengan ilmu,  pengetahuan dan juga peran serta teknologi modern didalamnya.

Baca juga :  Kunjungi PHE-NSB, Plt Gubernur Aceh Ajak Kelola Blok B Secara Profesional

Ide Bisnis Sektor Pertanian Masa Kini

Dengan adanya wawasan yang baik, Anda tidak hanya akan mendapatkan hasil pertanian yang stabil. Tetapi juga mencegah kerusakan lingkungan, serta akan mendapatkan keuntungan yang setimpal. Berikut beberapa referensi bisnis pertanian yang dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk Anda.

  1. Menanam Sayuran Organik

Gaya hidup sehat sedang banyak digalakkan di era modern ini. Oleh sebab itu, tanaman yang dibudidayakan dengan cara organik sangat populer dan memiliki banyak peminat.

Buah-buahan dan sayuran yang dibudidayakan secara organik, yaitu tanpa adanya unsur kimia dan pestisida semakin banyak dicari. Harga buah dan sayuran tersebut juga pada umumnya lebih mahal. Oleh sebab itu, usaha budidaya tanaman organik ini sangat potensial untuk dikembangkan sebagai ladang bisnis.

  1. Menjual Bibit Tanaman

Tanaman yang baik tidak akan terwujud tanpa adanya bibit yang berkualitas. Oleh sebab itu, petani selalu mencari bibit yang unggul untuk mendapatkan hasil tanam yang baik. Menyiasati kebutuhan tersebut, Anda dapat berinovasi dengan menyediakan bibit tanaman yang unggul dan berkualitas baik.

Baca juga :  Sidom Peng, Serahkan Bantuan Untuk 100 Wanita Rawan Sosial Ekonomi

Untuk dapat menjual bibit tanaman dengan kualitas yang unggul, tidak ada salahnya jika Anda bekerjasama dengan produsen yang berkompeten. Tujuannya adalah untuk menjaga setok dan ketersediaan bibit agar tetap stabil. Sehingga ketika konsumen membutuhkan, Anda dapat mencukupinya karena stok yang selalu stabil.

  1. Menanam Sayur Hidroponik

Tinggal di daerah perkotaan atau tidak memiliki lahan yang luas? Anda dapat mencoba bisnis pertanian dengan cara hidroponik. Bercocok tanam dengan metode hidroponik memberikan banyak sekali keuntungan.

Diantaranya yaitu sangat fleksibel dan juga tidak membutuhkan lahan yang luas. Anda hanya membutuhkan seperangkat alat tanam hidroponik, starter kit hidroponik dan juga pupuk khusus. Jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dengan cara tersebut juga sangat bervariatif. Mulai dari sayur-sayuran hingga buah. Jadi bisa dikatakan peluang bisnis ini sangat fleksibel dan menguntungkan.

  1. Bercocok Tanam Rempah-Rempah

Kebutuhan akan rempah-rempah dan tanaman herbal semakin meningkat dari waktu ke waktu. Tidak hanya dijadikan bumbu, rempah-rempah juga seringkali dikeringkan dan dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat obat-obatan herbal.

Oleh karenanya, budidaya rempah-rempah juga menjadi ide usaha yang tidak kalah menarik prospeknya. Anda dapat menjajal peruntungan di bidang tersebut, yaitu dengan menanam tumbuhan rempah-rempah.

  1. Bisnis Tanaman Hias
Baca juga :  KSPSI Sebut Kenaikan Cukai Rokok yang Tinggi Akan Memicu PHK Massal

Rekomendasi bisnis yang terakhir adalah usaha budidaya tanaman hias. Tanaman hias pada umumnya dibutuhkan untuk mempercantik tampilan hunian. Peminatnya juga semakin banyak dan bertambah dari waktu ke waktu. Oleh karenanya, peluang tersebut tidak boleh di sia-siakan. Yaitu dengan membidik dan menjadikan budidaya tanaman hias menjadi ide usaha.

Jadi, Ide Bisnis Apa yang Paling Menarik Bagi Anda?

Itulah beberapa ide usaha di bidang pertanian yang dapat dijadikan sebagai inspirasi. Dengan pengelolaan yang baik dan diimbangi dengan ilmu dan wawasan yang tepat, bisnis pertanian hidroponik ini tentu saja mempunyai peluang yang sangat bagus. Yang nantinya bisa memberikan keuntungan yang sebanding dengan usaha yang Anda berikan.

Jadi, menurut Anda ide bisnis apa yang paling menarik untuk ditekuni tahun ini? Tentunya pertimbangkan juga dari segi permintaan pasar. Artinya, bisnis yang ditekuni nantinya harus mempunyai pangsa pasar yang luas.

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+