Manfaat Teh Sereh untuk Tubuh, Bisa Tingkatkan Imunitas

 Manfaat Teh Sereh untuk Tubuh, Bisa Tingkatkan Imunitas

Foto | chowhound.com

Samudrapost.com – Cuaca yang tidak menentu membuat seseorang harus meningkatkan imunitasnya agar tidak sakit. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman herbal, salah satunya adalah teh sereh. Manfaat teh sereh cukup banyak lho, bagi tubuh. Apalagi di masa pandemi dan cuaca yang tidak tentu seperti sekarang ini.

Teh adalah slah satu tanaman asli Indonesia yang kaya manfaat. Ditambah lagi dengan sereh, yang juga merupakan rempah asli Indonesia yang punya segudang manfaat bagi kesehatan. Sereh diyakini mampu menghangatkan tubuh dan melancarkan pencernaan.

Sereh mengandung senyawa kimia yang tinggi dan berkhasiat untuk menenangkan, melancarkan pencernaan, ramah lambung, dan aroma sereh juga bisa untuk menangkal nyamuk.

Anda bisa menikmati minuman herbal ini di pagi hari atau ketika sore untuk meredakan lelah setelah beraktivitas seharian. Yuk simak bagaimana cara membuat teh sereh dan juga manfaat teh sereh untuk kesehatan.

Baca juga :  Sering Berhubungan, Apakah Bisa Bikin Vagina Kendur, Mitos atau Fakta?

Cara Membuat Teh Sereh

Cara membuat teh sereh cukup mudah. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah dan menjadikannya sebagai minuman sehat keluarga.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 2 batang sereh (sesuaikan dengan kebutuhan).
  • 1 cangkir teh seduh/1 kantong teh celup.
  • Air secukupnya.

Cara membuat:

Pertama potong bonggol sereh kemudian cuci bersih. Belah sedikit, dan geprek sereh. Rebus air secukupnya, masukkan sereh sampai air mendidih dan aroma sereh keluar. Setelah itu masukkan ke dalam cangkir dan masukkan teh celup.

Jika Anda ingin menggunakan teh tubruk, buat teh tubruk di tempat terpisah. Masukkan teh tubruk separo cangkir dan campur dengan rebusan sereh. Sebagai pemanis, Anda bisa menambahkan gula, gula batu, gula aren, atau madu. Atau bisa juga mengonsumsinya tanpa gula.

Baca juga :  Ini Cara Atasi Sakit Leher Akibat Salah Posisi Tidur

Manfaat Teh Sereh

Setelah mengetahui cara membuat teh sereh, sekarang ketahui apa saja manfaat dari minuman herbal yang sederhana ini:

  1. Mencegah Infeksi

Teh mengandung antioksidan yang tinggi sementara sereh diyakini ampuh untuk mencegah infeksi jamur dan bakteri. Perpaduan keduanya cukup ciamik untuk mencegah infeksi kerena kandungan antioksidan di dalamnya.

  1. Meredakan Nyeri Haid

Manfaat teh sereh juga bisa untuk meredakan nyari haid dan juga PMS atau rasa tidak enak menjelang datang bulan. Teh sereh bisa berfungsi untuk mengurangi kembung dan juga rasa nyeri yang dialami ketika haid.

  1. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, coba rutinkan konsumsi teh sereh setiap hari. Salah satu kandungan dari sereh adalah zat diuretik yang mampu mengeluarkan cairan secara alami dalam tubuh. Namun perlu diingat, jika ingin menurunkan berat badan jangan mengonsumsi teh sereh dengan banyak gula karena akan percuma.

  1. Menurunkan Kolesterol

Apabila Anda mengalami masalah kolesterol, tidak ada salahnya coba rutin mengonsumsi teh sereh. Usahakan jika untuk menurunkan kolesterol tidak berlebihan dalam mencampurkan gula dalam teh, karena justru bisa memicu kenaikan gula darah yang bisa berdampak pada kolesterol.

  1. Menenangkan

Sereh punya sifat menenangkan. Itu sebabnya sangat cocok dikonsumsi ketika tubuh dalam kondisi lelah. Aroma teh yang berpadu dengan sereh akan mampu menenangkan pikiran dan mengatasi kecemasan yang dihadapi seseorang. Jika ada anggota keluarga Anda sedang stres dengan pekerjaan, coba buatkan secangkir teh sereh, siapa tahu bisa membantu meredakan kecemasannya.

Baca juga :  Selain Wortel, Ini Asupan yang Penting untuk Jaga Kesehatan Mata

Nah, itu dia manfaat teh sereh dan cara membuatnya tidak sulit. Selamat mencoba!

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+