Kapan Clubhouse Versi Android Diluncurkan? Simak Fakta Clubhouse Berikut ini

 Kapan Clubhouse Versi Android Diluncurkan? Simak Fakta Clubhouse Berikut ini

Foto | www.i.ytimg.com

Samudrapost.com – Clubhouse menjadi topik yang gencar diperbincangkan sejak digunakan oleh Elon Musk – CEO Tesla. Aplikasi berbasis audio ini dianggap memiliki nilai yang eksklusif. Pasalnya, banyak tokoh papan atas dan artis populer menggunakan aplikasi ini sebagai media komunikasinya. Reputasinya yang kian melambung ini dimanfaatkan sebagai media konferensi penting.

Namun, beberapa masyarakat menengah ke bawah merasa berkecil hati. Alasannya, aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh para pengguna iPhone. Lantas, kapan Clubhouse versi Android  bakal diluncurkan? Ungkap fakta-fakta tentang Clubhouse berikut ini!

Aplikasi Berbasis Audio Chat

Kita pasti sering mendengar tentang aplikasi podcast kan? Aplikasi yang menampilkan beberapa informasi berbasis suara baik melalui broadcast, berita atau informasi audio yang lain. Penggambaran Clubhouse kurang lebih seperti podcast.

Yang membedakan dengan podcast adalah metode siarannya. Clubhouse lebih bersifat langsung dan interaktif. Penyajian informasi disampaikan secara live sehingga antar pengguna aplikasi bisa bersahutan. Aplikasi ini dilengkapi fitur conversation room sehingga ada yang mendengarkan dan berbicara. Fitur ruangan dapat ditutup saat diskusi berakhir. Mirip zoom versi audionya ya?

Baca juga :  Nadin Amizah Mendadak Viral, Siapa Dia?

Sejak 1 Februari Clubhouse Mencapai 2 Juta Users

Tak heran jika valuasi sebanyak 1 miliar USD dimiliki oleh Clubhouse. Pasalnya, tempat obrolan virtual ini sudah digunakan dua juta pengguna sejak tanggal 1 februari 2021 lalu. Produksi buatan perusahaan Alpha Exploration Co ini ternyata sudah diluncurkan sejak Maret 2020 dimana wilayah Amerika telah dilanda virus pandemik covid-19.

Menyediakan Ruang Obrolan dengan Berbagai Topik

Melihat cara kerja Clubhouse yang ada, sosial media berbasis suara ini menyediakan ruangan virtual bagi para penggunanya. Tentunya ruangan berbasis audio ini juga menyediakan beberapa topik yang akan dibahas. Kita bisa mendiskusikan tentang topik tersebut dan kepada siapa saja kita mendiskusikannya.

Baca juga :  Sarah Salsabila, Lelang Perawan Pakai Bismillah

Supaya diskusi lebih mengasyikkan, kita bisa menentukan siapa yang menjadi moderator, penyaji materi dan pendengar dalam obrolan ruangan.

Hanya Bisa Diundang dengan Pemilik Akun Saja

Di sinilah letak sisi eksklusif dari Clubhouse, kita tidak bisa seenaknya bergabung sendiri. Untuk bergabung pada ruangan berbasis audio ini, kita harus memiliki undangan yang dikirim dari salah satu pengguna. Undangan biasanya dikirim berupa link yang bisa kita dapat melalui SMS.

Melalui link tersebut, kita diarahkan menuju halaman  ruangan.

Masalahnya, hanya sedikit undangan yang dimiliki pengguna Clubhouse. Intinya kita bisa saja download aplikasinya tetapi belum tentu bisa bergabung kecuali ada yang mengundangnya.

Kominfo Indonesia akan Memblokir Clubhouse

Berita tentang pemblokiran Clubhouse yang dilakukan Kominfo Indonesia juga ramai diperbincangkan. Pasalnya, pihak penyelenggara platform belum melakukan pendaftaran secara resmi pada Kominfo. Para pengguna Apple iOS seharusnya tidak terlalu mencemaskan kabar ini.

Baca juga :  Ini Artis Indonesia Yang Jadi Janda Muda

Berdasarkan aturan hukum yang berlaku, Kominfo Indonesia meminta penyelenggara sistem informasi untuk segera melakukan pendaftaran selambat-lambatnya enam bulan sejak aturan ini mulai berjalan yaitu pada tanggal 24 November 2020.

Kapan Clubhouse Versi Android Diluncurkan?

Karena tergolong masih baru digunakan, sementara Clubhouse hanya digunakan oleh pengguna Apple iOS saja. Aplikasi ini menekankan audio-first sehingga hanya bisa disajikan secara live dan langsung.

Sedangkan para pengguna Android sebagian besar masih menikmati aplikasi suara yang berbasis semi-live seperti podcast.

Namun, para pengguna Android tak perlu cemas. Clubhouse versi Android direncanakan akan dikembangkan. Tapi hingga saat ini Clubhouse versi Android masih belum diagendakan.

Bagi pengguna Android, penantian ini masih membutuhkan waktu yang lama terkait pendaftaran hukum di Indonesia. Sabar dulu ya teman-teman pengguna Android!

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+