Inilah 6 Referensi Pekerjaan untuk Sarjana Ekonomi

 Inilah 6 Referensi Pekerjaan untuk Sarjana Ekonomi

Foto | unsplash.com

Samudrapost.com – Ekonom merupakan julukan bagi mereka profesional yang memiliki keahlian di bidang ekonomi. Salah satu ekonom Indonesia yang cukup populer dan banyak dikenal orang adalah Sri Mulyani. Selain banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia karena beberapa kali menjabat sebagai menteri keuangan. Bahkan pekerjaan untuk sarjana ekonomi itu selalu melimpah ruah.

Pakar Ekonom Indonesia yang Mendunia

Nama Sri Mulyani juga termasyhur hingga ke mancanegara. Beliau merupakan satu-satunya orang Indonesia yang pernah menjabat menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia. Tidak hanya Sri Mulyani, banyak ekonom Indonesia lainnya yang juga populer dan memiliki nama besar. Misalnya Soemitro Djojohadikusumo yang terkenal melalui pemikiran ekonomi politik. Mubyarto yang merupakan pakar ekonomi kerakyatan dan lain sebagainya.

Menjadi seorang ekonom yang sukses mungkin merupakan profesi yang banyak diimpikan. Tidak heran, mengapa banyak orang yang mengambil jurusan ekonomi ketika berada di akademisi.

Referensi Pekerjaan untuk Sarjana Ekonomi

Berbicara tentang ekonom Indonesia, sebenarnya apa saja pekerjaan yang dapat dilakukan oleh seorang ahli ekonomi? Berikut beberapa referensi yang layak untuk dipertimbangkan.

  1. Konsultan Ekonomi
Baca juga :  Ingin Nikmati Seni, Yuk Datangi Lhokseumawe Expo 9-15 November 2019

Konsultan ekonomi merupakan seseorang yang menggunakan keterampilan, penelitian dan analitisnya untuk menganalisa tentang skenario ekonomi. Tugasnya adalah untuk menganalisis trend yang sedang terjadi.

Konsultan ekonomi juga bertugas untuk membantu seseorang atau sebuah perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya. Profesi konsultan banyak diperlukan untuk berbagai industri. Mulai dari bisnis, kesehatan, pendidikan, hingga sektor pemerintahan.

  1. Pengajar Bisnis

Seperti namanya, pengajar bisnis memiliki tugas untuk mengajar bisnis. Pengajar ini biasanya bekerja di instansi-instansi pendidikan, baik formal maupun swasta.

Sesuai keahliannya, materi yang diajarkan oleh seorang pengajar bisnis yaitu tentang akuntansi, keuangan, pemasaran, manajemen sumber daya manusia dan lain sebagainya.

  1. Aktuaris

Aktuaris merupakan seseorang yang bertugas untuk mengevaluasi serta memberikan saran tentang resiko finansial. Seorang aktuaris membutuhkan ketelitian yang tinggi. Selain itu, pekerjaan tersebut juga menuntut Anda untuk memiliki kemampuan di bidang matematika dan statistika.

Baca juga :  Corona Pukul Mundur Proyek Trump-Hary Tanoe di Indonesia

Profesi sebagai seorang aktuaris sangat penting dan istimewa. Aktuaris diramalkan akan semakin dibutuhkan di masa depan. Karena disinyalir semakin banyak perusahaan, terutama yang bergerak di bidang keuangan yang membutuhkan jasa seorang aktuaris.

  1. Akuntan

Seorang akuntan juga dapat dipilih oleh Anda yang memiliki keahlian di bidang ilmu ekonomi. Tugas seorang akuntan adalah untuk menyusun laporan keuangan serta menganalisis informasi yang masuk.

Hampir setiap lembaga dan perusahaan membutuhkan jasa seorang akuntan. Oleh sebab itu, mereka yang menempuh pendidikan sebagai sarjana ekonomi. Umumnya banyak ditemukan berprofesi sebagai seorang akuntan.

  1. Pegawai Pajak

Ahli ekonomi juga banyak yang memilih profesi sebagai pegawai pajak. Pada umumnya pegawai pajak bekerja di instansi milik pemerintah. Tugasnya adalah untuk menghitung setiap pajak yang dibebankan kepada individu maupun perusahaan.

  1. Analisis Manajemen Bisnis

Analisis manajemen bisnis merupakan profesi yang mengharuskan Anda untuk melakukan analisa. Mulai dari menganalisa desain, sistem operasional, prosedur dan juga berbagai sistem yang lainnya yang terdapat pada sebuah perusahaan atau organisasi.

Baca juga :  Rata-rata Pendapatan Penduduk Indonesia Capai Rp 59 Juta pada 2019

Tujuan seorang analis manajemen bisnis adalah untuk meningkatkan kinerja. Serta membuat sebuah bisnis dapat berprofesi secara efektif dan efisien.

Keterampilan Dasar Bagi Para Ekonom

Menjadi seorang ahli ekonomi atau ekonom memang tidak mudah dan perlu memiliki keahlian yang mendalam. Untuk menjadi seorang ekonom Indonesia yang sukses. Anda perlu memiliki beberapa ketrampilan dasar.

Menurut Sri Mulyani, setidaknya adalah 5 skill yang harus dikuasai oleh seorang ekonom. Diantaranya yang pertama adalah kemampuan untuk berfikir kritis (chritical-skill thinking). Yang kedua memiliki jiwa analitis (analytical skill), kemudian memiliki kemampuan matematika (math skill), memiliki kemampuan menulis (writing skill), dan juga kemampuan untuk berkomunikasi verba (oral communication skill).

Kelima pondasi tersebut merupakan kemampuan dasar yang harusnya dimiliki oleh seorang ekonom. Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan pekerjaan untuk sarjana ekonomi yang sudah dibahas tadi? Atau masih mempunyai daftar referensi pekerjaan lainnya?

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+