Diramalkan Cepat Rebound, Begini Analisa Prospek Bisnis Properti Pasca Pandemi

 Diramalkan Cepat Rebound, Begini Analisa Prospek Bisnis Properti Pasca Pandemi

Ilustrasi | pixabay.com

Samudrapost.com – Bisnis properti merupakan usaha yang berkaitan dengan penjualan atau persewaan properti. Diantaranya seperti gedung, apartemen, kantor, pusat perbelanjaan, pabrik, tanah dan lain sebagainya. Di masa pandemi ini, banyak bisnis yang lesu atau bahkan gulung tikar.

Tidak terkecuali dengan bisnis properti. Setelah mengalami peningkatan di awal tahun 2019. Bisnis properti sepertinya harus mengalami penurunan akibat dampak pandemi covid-19. Prospek bisnis properti memang disinyalir lesu selama tahun 2020 silam. Hal tersebut dapat dilihat dari trend harga, penjualan, serta suplay di sektor properti yang mengalami penurunan tajam di berbagai daerah.

Meskipun demikian di awal tahun 2021 ini, harga properti mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Yakni naik sebesar 8% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Banyak pakar yang juga memprediksi bahwa industri tersebut bakal tumbuh berkisar 20-30% ditahun 2021 ini.

Begini Analisa Prospek Bisnis Properti Pasca Pandemi

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa bisnis properti disinyalir akan cepat rebound tahun ini. Salah satunya adalah karena masuknya permodalan global yang menggandeng partner lokal.

Baca juga :  Samsung S20 FE, Rp 10 Juta

Berdasarkan data Real Estate Indonesia (REI), penetrasi pengembangan global kian intens beberapa tahun berselang. Hal tersebut tidak lain tidak bukan karena masuknya berbagai kerja sama antara investor global dengan para pengembang lokal.

Melihat prospek bisnis properti yang semakin berpeluang. Tentunya sangat disayangkan apabila hal tersebut disia-siakan. Berikut beberapa ide bisnis properti yang dapat Anda jadikan sebagai peluang usaha.

  1. Developer Property

Jika Anda memiliki modal serta pengetahuan untuk mengelola manajemen perusahaan yang bergerak di bidang real estate developer. Maka sangat tepat jika menjajal prospek bisnis sebagai seorang developer properti.

Prospek bisnis properti menjadi seorang pengembang memang sangat potensial. Namun Anda juga perlu terampil dalam bidang penghitungan ataupun perencanaan.

Seorang developer juga membutuhkan legalitas, manajemen tata ruang, memiliki keahlian dalam mencari vendor, pemasaran, menajemen operasional dan lain sebagainya. Hal tersebut sangat penting untuk diketahui agar bisnis Anda dapat berjalan sebagaimana mestinya, serta berpotensi untuk mendapatkan penghasilan yang sebanding.

  1. Sewa Properti
Baca juga :  Seberapa Potensial Bisnis Properti ke Depannya?

Untuk menjalankan usaha properti, tidak selalu harus menjadi seorang developer. Hal ini karena Anda juga dapat menjajal bisnis properti dalam skala kecil, yaitu dengan menjalankan usaha sewa properti. Usaha sewa properti ini merupakan bisnis yang bisa mendatangkan pasif income yang cukup menggiurkan. Jadi tidak ada salahnya untuk dicoba sebagai ide usaha.

Jika Anda memiliki sejumlah hunian, baik yang berupa apartemen, rumah ataupun bangunan yang lainnya. Hal tersebut dapat dimanfaatkan sebagai ladang bisnis. Caranya yakni dengan cara disewakan kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

Selain bergerak sendiri dengan mengandalkan koneksi dan kenalan. Anda juga dapat bekerjasama dengan agen properti atau spesialis sewa menyewa yang profesional dan legal.

  1. Agen Sewa Properti

Jika tidak memiliki sejumlah modal untuk membeli properti yang akan disewakan. Tidak ada salahnya menjajal peruntungan menjadi seorang agen sewa properti. Agen disini dalam artian hanyalah sebagai perantara atau broker. Tugasnya yaitu memasarkan dan mencari calon pembeli atau penyewa milik orang lain (vendor).

Baca juga :  Ribut Dengan Cina, Donald Trump Telepon Jokowi

Apabila Anda berhasil memasarkan dan mencari pembeli, maka broker akan mendapatkan keuntungan atau komisi. Estimasi komisi seorang broker biasanya berkisar antara 2-3%  atau tergantung kesepakatan.

Era new normal memang menuntut pelaku usaha untuk dapat bertahan, kreatif, serta jeli dalam membidik peluang. Mengingat besarnya perkembangan dan prospek bisnis properti. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan di bidang usaha tersebut bukan?

Bila Anda seorang pemula, tentunya diperlukan kemauan dan usaha yang lebih untuk belajar mengenai seluk-beluk usaha tersebut. Apalagi bila mengingat bisnis properti ini merupakan investasi yang cukup menguntungkan dan potensial. Maka usaha tersebut sangat layak untuk mendapatkan perhatian dan menjadi pertimbangan.

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+