Diabetes Sebabkan Kerusakan Organ Tubuh, Apa Saja?

 Diabetes Sebabkan Kerusakan Organ Tubuh, Apa Saja?

Foto | unsplash.com

Samudrapost.com – Penyakit diabetes sebabkan kerusakan organ tubuh. Bukan hanya penyakit degeneratif lainnya akan tetapi juga bisa merusak organ tubuh. Itu sebabnya pengidap diabetes harus benar-benar menjaga pola makan, pola tidur, dan mengubah gaya hidup.

Perlu diperhatikan, bukan hanya pengidap diabetes yang harus waspada. Mereka yang sehat akan tetapi punya indikasi diabetes juga harus mengatur pola hidup.

Diabetes adalah penyakit yang terkait dengan kadar gula darah yang berlebih. Pada dasarnya gula darah diperlukan oleh tubuh untuk menjadi sumber energi dalam pembentukan sel otot dan jaringan tubuh.

Selain itu, diabetes juga menjadi sumber energi utama untuk beraktivitas dan berpikir. Akan tetapi bagi penderita diabetes ini bisa menjadi sesuatu yang berbeda.

Tubuh penderita diabetes tidak bisa mengontrol kadar gula dengan baik. Pada tubuh penderita diabetes, produksi insulin diketahui tidak mencukupi sehingga menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi.

Baca juga :  Manfaat Teh Sereh untuk Tubuh, Bisa Tingkatkan Imunitas

Padahal insulin dalam tubuh berfungsi untuk mengendalikan glukosa yang diproduksi oleh pankreas. Ketika kadar insulin tidak mencukupi maka terbuka kemungkinan produksi glukosa tidak terkendali. Inilah yang menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh berlebih.

Perlu diketahui juga, kadar gula darah berlebih tidak hanya disebabkan oleh makanan manis atau makanan yang kadar gulanya tinggi. Akan tetapi juga gaya hidup seseorang.

Diabetes dapat menyerang siapa saja, tidak melihat usia dan jenis kelamin. Itu sebabnya perlu bagi kita untuk menjaga gula darah agar tetap stabil. Terlebih lagi jika memiliki keluarga dengan riwayat diabetes.

Diabetes Sebabkan Kerusakan Organ Tubuh

Diabetes juga bisa sebabkan kerusakan organ tubuh. Tentunya tergantung dari tingkat keparahan yang dialami oleh penderita. Kekurangan kadar insulin yang menjadi penyebab diabetes, rupanya juga bisa merusak organ tubuh lainnya. Apa saja?

  1. Kulit
Baca juga :  Selain Wortel, Ini Asupan yang Penting untuk Jaga Kesehatan Mata

Jangan abaikan jika Anda mengalami bercak-bercak hitam pada kulit. Ini bisa menjadi gejala awal diabetes.  Bercak-bercak hitam tersebut sebetulnya adalah pembuluh darah yang rusak sehingga menyebabkan adanya pigmentasi. Ya, penderita diabetes juga sangat sensitif  mengalami kerusakan pembuluh darah.

  1. Jantung

Penderita diabetes, pada umumnya juga rentan mengalami penyakit penyerta lainnya. Salah satunya adalah jantung.  Kadar gula darah yang tinggi dapat berpengaruh pada kesehatan jantung. Bahkan dalam beberapa kondisi dapat menyebabkan serangan jantung. Penyakit degeneratif lainnya yang bisa dialami adalah hipertensi atau stroke. Itu sebabnya tidak hanya pola makan yang harus dijaga akan tetapi juga gaya hidup secara keseluruhan.

  1. Kaki

Hati-hati jika sering merasa kesemutan pada kaki. Pada beberapa orang bahkan mengalami mati rasa pada bagian kaki.  Kebas atau kesemutan disebabkan oleh peredaran darah yang tidak lancar. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena tingginya kadar gula darah dalam tubuh sehingga menyebabkan memburuknya peredaran darah.

  1. Mata
Baca juga :  Tips Jaga Kebugaran Tubuh Ini Mudah, tapi Sering Lupa

Diabetes juga bisa menyebabkan kerusakan indera penglihatan. Pada beberapa kasus penderita diabetes mengalami kebutaan. Kadar gula dalam darah yang tinggi menyebabkan kerusakan pembuluh darah pada retina. Itulah yang kemudian menyebabkan terjadinya penurunan fungsi penglihatan. Bahkan pada beberapa kasus menyebabkan kebutaan.

  1. Ginjal

Tidak sedikit penderita diabetes yang juga menderita gagal ginjal. Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang memiliki banyak pembuluh darah yang berfungsi untuk menyaring darah. Apabila terdapat kerusakan pembuluh darah yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah, tentunya dapat menganggu fungsi ginjal. Sehingga penyakit komplikasi pun tak dapat dihindari akibat dari diabetes yang sebabkan kerusakan organ tubuh lainnya.

Jadi jika diabetes sebabkan kerusakan organ tubuh benar apa tidak, sudah tahu kan jawabannya?

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+