Contoh Politik dan Pembahasan Menarik Lainnya

 Contoh Politik dan Pembahasan Menarik Lainnya

Ilustrasi | Foto: detik

Berbicara mengenai politik, pastilah sangat beraneka ragam. Setiap negara memiliki sistem politiknya masing-masing. Sedangkan tujuannya sama saja, yaitu demi mengedepankan kemajuan negara yang bersangkutan. Untuk informasi lanjutnya, ketahui terlebih dahulu dari contoh politik berikut ini.

Apa Itu Politik?

Pengertian dari politik sendiri ialah suatu proses yang terbentuk dan terbagi dari kekuasaan yang ada pada masyarakat.
Wujudnya seperti proses dari adanya pembuatan keputusan, seperti halnya pada negara Indonesia. Pengertiannya seringkali diartikan sebagai ilmu maupun seni dengan tujuan meraih kekuasaan.

Cara untuk dapat meraih kekuasaan tersebut biasanya bisa dengan cara konstitusional maupun non konstitusional. Pengertian politik secara etimologis (bahasa Yunani), polis artinya suatu negara kota. Ada arti lain dari kata tersebut, seperti polities artinya warga negara, politikos kewarganegaraan.

Baca juga :  Ini Jadwal Belajar di TVRI Selama Akhir Pekan

Namun, jika terlihat lebih jauh lagi politik ini memiliki pengertiannya sendiri. Pengertian tersebut adalah suatu kegiatan yang ada di dalam suatu sistem politik maupun negara terkait serta menyangkut penentuan tujuan sistem serta cara bagaimana menggapai suatu tujuan.

Contoh Politik yang Ada di Indonesia

Dalam dunia politik, sebenarnya ada berbagai macam jenis sistem politiknya sendiri-sendiri. Contoh dari sistem tersebut antara laun politik liberalisme atau bahkan demokrasi. Nah, untuk dapat mengetahui apa saja contohnya, semuanya ada dalam penjelasan seperti di bawah ini.

Baca juga :  Ini Rahasia Menghilangkan Lemah di Perut

1. Contoh Politik Liberalisme
Sistem politik ini terkenal dengan sifatnya yang tegas terkait kebebasan ataupun kemerdekaan dari tiap individu. Hal tersebut sudah sesuai dengan arti politik liberalisme sesungguhnya. Artinya adalah bebas dari perkosaan, penganiayaan maupun perbudakan yang seringkali terjadi di setiap negara.

Contoh penerapan politik liberalisme sendiri, sebenarnya sudah tertulis secara lengkap dalam sejarah tepat pada tanggal 17 Agustus hingga 5 Juli 1959. Dimana pada saat itu, bangsa Indonesia telah menggunakan Undang-Undang sementara menjadi suatu konstiusi.

2. Contoh Politik Demokrasi
Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa politik demokrasi ini adalah salah satu sistem politik yang Indonesia terapkan. Politik ini telah menjadi sebuah asas paling penting yang bertujuan untuk bisa menyampaikan aspirasi yang mereka miliki baik rakyat maupun wakilnya.
Contoh dari politik demokrasi ialah telah terselenggaranya PEMILU atau pemilihan umum. Dimana pada saat itu masyarakat bertanggung jawab atas perannya sendiri dan harus menentukan pilihan pemimpin sesuai kehendaknya.

Baca juga :  Atasi Sampah, KLHK Bangun Karakter di Lingkungan Pendidikan

Seperti itulah pembahasan singkat mengenai contoh politik beserta dengan pengertian secara mendalamnya. Dengan adanya artikel tersebut di atas, kini Anda semakin mengetahui bahwa betapa pentingnya sistem politik.

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+