Cara Membersihkan Paru-paru, Tips Ampuh untuk Perokok!

 Cara Membersihkan Paru-paru, Tips Ampuh untuk Perokok!

Foto | unsplash.com

Samudrapost.com – Salah satu masalah yang mengancam perokok adalah penyakit paru-paru. Para perokok harus tahu bagaimana cara membersihkan paru-paru?

Bukan hanya para perokok, cara membersihkan paru-paru juga diperlukan untuk mereka yang kerap terpapar polusi udara. Mereka yang punya penyakit paru-paru bawaan, perlu juga mengetahui tips ampuh tersebut.

Paparan polusi udara tidak bisa dianggap sepele. Banyak kematian yang disebabkan oleh penyakit paru-paru. Bukan penyakit baswaan, namun penyakit paru-paru tersebut diakibatkan karena adanya polusi udara.

Penyakit paru-paru memang bisa mereda jika penyebabnya dihilangkan atau diminimalisasi. Misalnya saja perokok yang terkena penyakit paru-paru, penyakitnya bisa mereda jika berhenti merokok. Akan tetapi bukan berarti sembuh total, pasalnya kotoran di paru-paru sudah menumpuk dan membuat nafas seringkali berat dan sesak nafas. Gejala itulah yang sering dialami oleh penderita.

Ada beberapa yang bisa digunakan sebagai cara membersihkan paru-paru, jika Anda mengalami gangguan pernafasan, perokok, atau sering terkena polusi udara boleh mencoba cara berikut ini.

  1. Terapi Uap

Bagi penderita gangguan pernafasan, cara yang bisa dilakukan untuk melegakan pernafasan adalah menggunakan terapi uap. Terapi uap atau yang sering disebut inhalasi uap. Cara terapinya adalah menghirup uap air untuk membuka saluran udara yang tersumbat dan membantu paru-paru mengeluarkan lendir. Kondisi gangguan pernafasan ini juga bisa terjadi ketika terdapat perubahan udara yang signifikan. Udara yang dingin dan lembap juga memicu produksi lendir berlebih di paru-paru.

  1. Latihan Pernafasan

Selain terapi uap penderita paru-paru juga bisa rutin melakukan latihan pernafasan. Ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Caranya pun sangat mudah. Langkah pertama yang dilakukan adalah  duduk rileks di kursi dengan posisi kaki di lantai.  Letakkan tangan di atas perut dengan posisi menekuk.

Baca juga :  Apa Itu Penyakit Autoimun yang Menyerang Ashanty?

Kemudian tarik nafas perlahan dari hidung dan kelarkan secara perlahan pula. Kedua tangan posisi tetap berada di atas perut dengan sedikit menekan perut. Dalam posisi demikian, coba batuk secara perlahan sebanyak dua kali. Tarik nafas kembali melalui hidung. Ulangi beberapa kali.

  1. Teknik Postural Drainage

Ini adalah cara mengeluarkan lendir berlebih dalam paru-paru. Cara ini diyakini mampu membantu melegakan pernafasan dan meminimalisasi risiko penyakit paru-paru akut. Caranya cukup mudah. Pertama cobalah tengkurap di lantai atau tempat tidur. Posisi dada lebih rendah ketimbang perut, sehingga Anda perlu mengganjal bagian pinggul dengan bantal.

Baca juga :  5 Alasan Kenapa Harus Tahu Manfaat Tidur Berkualitas

Kemudian tarik nafas perlahan melalui hidung, dan keluarkan melalui mulut. Sebagai catatan proses menghembuskan nafas melalui mulut haruslah dua kali lebih lama. Misalnya kamu menarik nafas dalam hitungan 10 detik artinya nafas yang kamu keluarkan haruslah dalam durasi 20 detik.

Baca juga :  Cara Kontrol Gula Darah agar Tetap Stabil dan Bisa Beraktivitas

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan berbaring menghadap ke kanan atau kiri. Ini bisa dilakukan secara bergantian.  Letakkan kepala di lengan atau bantal, kemudian coba teknik pernafasan seperti di atas. Ulangi beberapa kali. Setelah itu bergantian sisi lainnya.

  1. Olahraga Rutin

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga diyakini dapat memperbaiki sirkulasi udara dalam tubuh, hasilnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dan mampu menghilangkan karbon dioksida dalam tubuh.  Oksigen dalam tubuh akan mulai teratur, otot pun akan lebih sedikit menghasilkan karbon dioksida.

Nah, demikian cara membersihkan paru-paru yang sederhana dan bisa dipraktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+