Cara Kontrol Gula Darah agar Tetap Stabil dan Bisa Beraktivitas

 Cara Kontrol Gula Darah agar Tetap Stabil dan Bisa Beraktivitas

Foto | unsplash.com

Samudrapost.com – Gaya hidup seseorang membuat kadar gula darah seringkali naik. Itu sebabnya cara kontrol gula darah diperlukan agar tubuh tetap sehat dan tidak terkendala dengan masalah gula darah. Tingginya kadar gula di dalam darah bisa disebabkan banyak faktor.

Salah satu yang menyebabkan kadar gula darah tinggi adalah konsumsi makanan yang kadar gulanya tinggi. Selain itu, makanan berlemak juga bisa menyebabkan meningkatnya kadar gula darah. Penyakit yang terkait dengan kadar gula darah adalah diabetes.

Penyakit diabetes memang tidak dapat disembuhkan. Akan tetapi dapat dikontrol sehingga tidak menganggu aktivitas penderitanya. Mengontrol gula darah buat penderita diabetes adalah suatu keharusan. Bagi yang ada indikasi menderita diabetes tidak ada salahnya juga mulai belajar mengontrol gula darah.

Alasan mengapa perlu mengontrol gula darah agar tidak menyebabkan penyakit komplikasi lainnya seperti jantung, hipertensi, gagal ginjal, dan lain-lain. Penyakit tersebut salah satu pemicunya adalah kadar gula darah yang tinggi dalam darah.

Baca juga :  Tips Sarapan Sehat, Wajib Konsumsi Serat Setiap Hari

Bahkan pada beberapa orang, penyakit diabetes juga bisa menyebabkan kerusakan organ tubuh. Bahkan ada yang sampai harus diamputasi lantaran membusuk karena menderita diabetes basah. Agar terhindar dari diabetes dan juga penyakit lainnya, berikut ini adalah cara kontrol gula darah:

  1. Diet Karbo

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengontrol kadar gula darah adalah diet karbo.  Tubuh memang memerlukan karbohidrat, akan tetapi jika jumlahnya berlebih tentu bisa berbahaya bagi tubuh.  Mengonsumsi makanan rendah karbo juga dapat membantu menurunkan berat badan dan mengatasi naiknya gula darah.

  1. Mengurangi Asupan Gula

Tubuh manusia memerlukan gula, akan tetapi kadarnya juga harus diatur. Rata-rata penggunaan gula seseorang dalam sehari mencapai 22 sendok teh atau sekitar 88 gram per hari.  Gula di sini bukan berarti gula yang dikonsumsi untuk minuman, akan tetapi gula yang terdapat dalam makanan seperti roti, permen, biskuit, kue, dan makanan manis lainnya. Tubuh manusia cenderung mudah menghancurkan gula sederhana ini yang tentunya dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Rutin Berolahraga

Untuk mengontrol gula darah bukan hanya dari asupan makanan saja. Penyebab penyakit bisa disebabkan aktivitas yang sedikit dan kurang gerak. Itu sebabnya perlu rutin berolahraga setiap harinya. Paling tidak setiap hari 15-30 menit untuk berolahraga ringan agar gula darah dalam tubuh terkontrol dengan baik.

  1. Konsumsi Banyak Serat

Untuk mengontrol gula darah dalam tubuh, diperlukan serat sebagai asupan makanan. Ada dua jenis serat yang dikenal, yaitu serat larut dan serat yang tidak larut. Nah, untuk serat larut ini yang saat membantu tubuh mengontrol kadar gula dalam darah.

Baca juga :  5 Alasan Kenapa Harus Tahu Manfaat Tidur Berkualitas

Serat larut dalam air akan membentuk zat dalam tubuh yang dapat memperlambat penyerapan karbohidrat. Serat juga membuat rasa kenyang yang lebih lama, sehingga tidak ada godaan untuk mengonsumsi makanan manis lainnya. Konsumsi cukup buah dan sayur membuat anda tidak tergoda untuk mengonsumsi camilan seperti keripik,kerupuk, atau camilan lainnya.

  1. Konsumsi Cukup Air

Agar kadar gula darah terkontrol diperlukan juga asupan air putih yang cukup dalam sehari. Air putih akan membantu mendorong sisa makanan yang masih tertinggal di saluran cerna. Selain itu, dehidrasi juga dapat menyebabkan tubuh menghasilkan hormon vasopresin. Hormon tersebut diketahui dapat menghalangi keluarnya cairan dan dapat menghentikan tubuh untuk membuang gula melalui urine.

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+