Ada Vaksin Covid-19 Palsu, Isinya Hanya Air Garam

 Ada Vaksin Covid-19 Palsu, Isinya Hanya Air Garam

Ilustrasi Foto | cdn-japantimes.com

Samudrapost.com – Baru-baru ini, otoritas China berhasil menangkap sindikat pemalsuan vaksin Corona. Dari hasil penjualan vaksin palsu itu, mereka mampu meraup keuntungan miliaran rupiah, bahkan mereka mampu menghasilkan US$ 3 juta atau sekitar Rp 42 miliar.

Pihak otoritas setempat telah berhasi melakukan identifikasi terhadap ketua sindikat itu, maka dikenal dengan nama Kong, dirinya malah awalnya meneliti desain kemasan vaksin asli dan kemudian membut duplikat sebanyak 58 ribu di kediamannya.

Baca juga :  34.400 TKI Pulang Ke Indonesia

Sebagaimana dikutip dari BBC, maka vaksin palsu itu berhasil diseludupkan ke luar negeri, namun belum diketahui negara mana saja penerimanya.

Bahkan Kejaksaan Agung China menyebutkan, pria yang bernama Kong bersama rekannya, telah mengisi 58 ribu jarum suntik berisi saline water atau larutan air garam dan telah diedaran ke seluruh China untuk dijual.

Baca juga :  Film The Grey dan Kisah Penembak Jitu

Si pembuat vaksin palsu itu, telah ditangkap pada 25 Desember 2020 dan berkilah kalau dirinya mendapatkan dosis vaksin dari produsen melalui ‘orang dalam’.

Sebagaimana dilansir Media Global Times , pada bulan November lalu, ia telah menjual sekitar 2.000 vaksin palsu kepada tersangka lain bernama Li, dengan 1,04 juta yuan atau Rp 2 miliar.

Bukan hanya itu saja, Li bahkan mengirimkan 600 dari dosis itu secara internasional, dengan melalui negara Hong Kong, pada 12 November dan telah mampu meraup keuntungan US$ 140 ribu.

Baca juga :  Kyriad Muraya Hotel Bagikan Nasi Kotak Gratis Kepada Masyarakat

Media BBC juga sempat melaporkan, kalau vaksin palsu itu dijual ke rumah sakit di China, dengan harga yang meroket. Mereka juga menyewakan “dokter desa”, agar bisa memberikan vaksin palsu kepada orang di dalam mobil.

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+