Ada 14 Titik Panas Di Aceh, Warga Diimbau Jangan Bakar Lahan

 Ada 14 Titik Panas Di Aceh, Warga Diimbau Jangan Bakar Lahan

Warga Menggunakan masker akibat kabut asap | Foto: suara.com

Samudrapost.com | Banda Aceh – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda, merilis laporan, ada 14 titik panas yang terpantau di wilayah Provinsi Aceh.

Kepala Seksi Data dan Informasi (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria mengatakan, banyaknya titik panas tersebut, disebabkan karena faktor suhu udara yang mengalami peningkatan.

Baca juga :  PMI Lhokseumawe Lakukan Penyemprotan Disinfektan ke 68 Desa Secara Gratis

“Saat ini suhu udara telah mencapai 34 derajat celsius dan berdasarkan hasil pemantauan, pada bulan Juni mendatang diperkirakan bisa mencapai 35 derajat celsius, sehingga bisa menimbulkan adanya titik panas,” ujar Zakaria kepada dialeksis.com, Minggu (21/2/2021).

Zakaria menambahkan, masing-masin titik panas itu terdapat di Kabupaten Aceh Barat 1 titik panas, Kabupaten Aceh Selatan terdapat 8 titik panas, Kabupaten Aceh Tenggah terdapat 2 titik panas, Kabupaten Naganraya terdapat 2 titik panas dan Kota Subulussalam terdapat 1 titik panas.

Baca juga :  Mertua Di Jual  Lewat Online Shop, Seharga Rp 3 Ribu

Dirinya mengimbau masyarakat agar tidak membuka lahan dengan metode membakar, karena selama suhu udara meningkat, lahan-lahan gambut menjadi kering dan sangat mudah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Baca juga :  Istri Bupati Bireuen Positif Terpapar Virus Corona

“Kalau memang ingin membuka lahan, maka carilah metode lain dan jangan lakukan dengan cara membakar, karena bisa menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, apalagi lahan gambut menjadi kering akibat cuaca yang panas,” tutur Zakaria.[dialeksis]

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+