5 Konsep Politik Terpopuler di 2021

 5 Konsep Politik Terpopuler di 2021

Ilustrasi | Foto: detik

Politik merupakan suatu hal yang memiliki keterkaitan erat dengan terselenggaranya pemerintahan dan juga negara. Dapat berarti juga sebagai kegiatan yang terarah untuk dapat mendapatkan kekuasaan. Dari hal tersebut, terbentuklah 5 konsep politik terpopuler.

5 Konsep Politik Terpopuler

Sebenarnya hingga saat ini, tidak ada pengertian politik yang memiliki filosofi seragam. Seperti yang telah banyak beredar, bahwa politik bertujuan sebagai pengambilan keputusan demi terwujudnya kebijakan umum yang berkaitan dengan pengaturan serta pembagian. Dari penjelasan tersebut, terbagi konsep pokok dari politik antara lain:

  1. Konsep Negara

Salah satu konsep politik yang paling teratas ialah konsep negara. Pendekatan yang menggunakan negara sebagai suatu inti politik, akan memusatkan perhatian secara penuh kepada berbagai lembaga ketatanegaraan.

Baca juga :  STAIN Meulaboh Adakan Pekan Mahakarya

Pendekatan tersebut seringkali terkenal dengan sebutan pendekatan institusional. Persis seperti apa yang telah Roger F. Soltau kemukakan terkait pendekatan ini, ilmu politik berarti mempelajari negara, tujuan sampai dengan melaksanakan tujuan tertentu.

  1. Konsep Kekuasaan

Sedangkan pada konsep kekuasaan, pendekatan ini lebih mengarah kepada pengaruh sosiologi yang ruang lingkupnya jauh lebih meluas serta dinamis. Dikarenakan hal tersebut menyangkut gejala dari sosial masyarakat.

Seperti menurut Deliar Noer di dalam buku pengantar ke pemikiran politik, dia mengatakan bahwa ilmu politik itu terpusatkan pada perhatian masalah kekuasaan di dalam kehidupan secara bersama-sama atau bahkan masyarakat.

  1. Konsep Pengambilan Keputusan
Baca juga :  Cegah Corona Dengan Sikat Gigi

Pengambilan keputusan, konsep tersebut merupakan salah satu konsep yang pokok. Berkaitan dengan keputusan yang pihak bersangkutan ambil secara kolektif serta mengikat keseluruhan masyarakat.

Proses yang akhirnya membentuk suatu kebijaksanaan umum maupun pemerintah, ialah hasil dari proses pengambilan keputusan. Seperti apa yang telah Joyoe Mitchell katakan bahwa politik merupakan pengambilan keputusan secara kolektif maupun pembuatan kebijaksanaan.

  1. Konsep Kebijaksanaan Umum

Konsep politik selanjutnya ialah kebijaksanaan umum. Suatu kumpulan yang seseorang maupun kelompok politik ambil dalam usaha untuk memilih tujuan serta acara. Hal tersebut bertujuan untuk dapat mencapai suatu tujuan tertentu.

Dalam hal ini, tokoh yang berkaitan pada konsep kebijaksanaan umum ialah David Easton. Mengatakan bahwa kehidupan politik itu mencakup beberapa macam kegiatan yang dapat memengaruhi kebijaksanaan pihak wewenang.

  1. Konsep Pembagian atau Alokasi
Baca juga :  Isma Tantawi jadi Rektor UGL Aceh Tenggara

Konsep terakhir dari ilmu politik ialah pembagian atau lokasi, merupakan pembagian maupun penjatahan nilai dari masyarakat. Permasalahan pada konsep ini adalah pembagian tersebut seringkali tidak merata.

Akibat dari tidak meratanya pembagian tersebut, dapat menimbulkan suatu konflik. Dari masalah tak meratanya pembagian nilai, sangat memerlukan perhatian mendalam terkait hubungan dengan kekuasaan serta kebijaksanaan pemerintah.

Demikian penjelasan secara mendalam terkait dengan pembahasan 5 konsep politik terpopuler beserta dengan pengertian tiap konsep. Semoga dengan adanya artikel di atas, dapat menambah pengetahuan tentang ilmu politik.

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+