Tujuan Politik pada Beberapa Era

 Tujuan Politik pada Beberapa Era

Semua negara pastilah memiliki politik luar negerinya masing-masing. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena politik tersebut ada demi memenuhi suatu tujuan tertentu. Untuk dapat mengetahui informasi selanjutnya terkait hal ini, ketahui pembahasan mendalam dari tujuan politik.

Tujuan dari Politik Luar Negeri Republik Indonesia
Setiap negara pastilah memiliki hukum, ideologi, asas maupun landasannya sendiri-sendiri. Sebagai negara, Indonesia pun juga mempunyai landasan terpegang dengan teguh. Tujuannya adalah sebagai panutan seluruh bangsa yang bertujuan untuk pedoman saat berinteraksi dengan negara lainnya.

1. Era Reformasi
Politik luar negeri ini bertujuan untuk dapat membantu memulihkan citra bangsa Indonesia yang sempat terpuruk, akibat dari terkena imbas krisis multidimensi sejak tahun 1997 silam. Selain itu tujuannya juga membantu program stabilisasi ekonomi, termasuk dalam menarik investasi luar negeri.

Baca juga :  Hari Ini Asteroid Raksasa Dekati Bumi, Akankah Bertabrakan?

Tidak hanya itu saja, tujuan politik luar negeri pada era reformasi ialah bertujuan untuk dapat memainkan peran yang sangat penting dalam mencegah perluasan internasionalisasi pada masalah politik domestik bangsa Indonesia. Masalah tersebut kabarnya berkaitan langsung dengan ancaman separatisme bagian Aceh Papua serta Maluku.

2. Era Mohammad Hatta
Di dalam buku dengan judul Dasar-Dasar Politik Luar Negeri Indonesia, tujuan politik luar negeri pada bangsa Indonesia telah Mohammad Hatta sampaikan secara meluas. Tujuan tersebut antara lain mempertahankan kemerdekaan Indonesia serta menjaga keselamatan negara, memperoleh barang yang memang perlu saja dari luar negeri.

Baca juga :  Resmi Dirilis, Ini Jadwal Ujian Nasional SMA/MA 2020

Kemudian dapat meningkatkan perdamaian internasional, karena Indonesia yang dalam keadaan damai saja bisa membangun serta memperoleh syarat tertentu yang diperlukan untuk tujuan memperbesar kemakmuran rakyat Indonesia.

3. Era Presiden Joko Widodo
Selain pada era reformasi, ada pula tujuan politik pada era presiden Joko Widodo. Tujuan tersebut antara lain mengedepankan suatu identitas, sebagai negara kepulauan Indonesia dalam pelaksanaan diplomasi. Tidak hanya itu saja, bertujuan juga untuk dapat membangun kerja sama secara internasional.

Baca juga :  Ini Doa Qunut Nazilah

Selain itu, tujuannya juga dapat meningkatkan peran global lewat diplomasi yang disebut middle power. Diplomasi tersebut menempatkan bangsa Indonesia sebagai kekuatan regional maupun global yang secara selektif memberikan prioritas pada masalah yang memiliki kaitan dengan kepentingan bangsa serta negara.

Demikian penjelasan secara singkat mengenai beberapa pembahasan dari tujuan politik beserta dengan pengertian dari tujuan itu sendiri. Semoga dengan adanya artikel di atas, Anda dapat mengetahui betapa pentingnya tujuan politik tersebut untuk bangsa Indonesia.

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+