Sistem Politik dan Beragam Jenisnya

 Sistem Politik dan Beragam Jenisnya

Berbicara mengenai urusan politik, memanglah tak akan pernah ada habisnya. Itu karena tujuannya juga sangat banyak dan bercabang, hal tersebut bukan tanpa alasan. Dari semua tujuan politik pastilah bertujuan demi kebaikan bangsa. Di sisi lain juga adasistem politikyang telah berlaku.


Apa Itu Sistem Politik?
Sistem politik merupakan suatu interaksi antara pemerintah dengan masyarakat, hal tersebut terjadi dalam proses pembuatan dan juga kebijakan yang bertujuan demi kebaikan bersama. Setiap negara di seluruh dunia, pastilah menganut sistem politik yang berbeda-beda. Sesuai dengan yang telah negara tersebut sepakati.

Di dalam buku sistem politik Indonesia tahun 2017 yang ditulis oleh Andi Muh. Dzul Fadli. Sistem dapat diartikan sebagai kesatuan yang telah terbentuk dari berbagai macam unsur maupun elemen. Kekuasaan otoritarif tersebut akan bekerja secara efektif dalam suatu sistem yang akan disebut dengan politik.


Baca juga :  Tujuan Politik pada Beberapa Era

Sistem politik tersebut ialah sistem yang berasal dari berbagai sistem yang ada pada masyarakat, seperti contohnya saja sistem sosial, budaya, ekonomi maupun hukum. Mengenai sistem politik, tokoh yang pertama kali membahas hal ini ialah David Easton (seorang guru besar ilmu politik).

Jenis dari Sistem Politik Secara Umum
Di setiap masing-masing negara, sistem politik yang mereka gunakan tentu saja akan berbeda pula. Dari sistem tersebut, ada kelebihan serta kekurangannya juga. Sama halnya dengan Indonesia yang menggunakan sistem politik demokrasi. Untuk lebih lanjutnya, ketahui jenis sistem politik berikut ini.

Baca juga :  Konten Youtube Yang Menarik, Gampang Banget Buatnya

1. Sistem Politik Otokrasi Tradisional
Dari sistem poliitk otokrasi tradisional ini, ada beberapa ciri-ciri yang patut untuk Anda ketahui antara lain terpilih atas dasar tradisi masing-masing, adanya kelas pada hal ekonomi, nilai maupun moral, pemimpin telah menjadi sebuah badan kebersamaan, sistem ini lebih menekankan kolektivisme yang berlandaskan kekerbatan daripada individualisme.

Kemudian ciri berikutnya ialah kebebasan individu di dalam kelompok terkenal kurang mereka hargai. Atau lebih tepatnya lebih mementingkan keinginan dari pada golongan yang lebih kecil penguasa. Seseorang yang memimpin sistem politik ini merupakan seorang sultan, emi atau bahkan raja.

2. Sistem Politik Totaliter
Ada lagi jenis sistem politik yang dapat Anda lihat secara umum, salah satunya ialah sistem politik totaliter. Ciri-ciri dari sistem ini antara lain, tak ada persamaan maupun kebebasan dalam hal berpolitik, kemudian semua mempunyai kesamaan dalam aspek ekonomi.
Ciri lain ialah sistem politik totaliter di dalam kewenangannya bersifat totaliter dan memaksa. Lalu partai akan mereka gunakan sebagai bentuk kontrol politik dan juga ekonomi masyarakat. Ciri terakhir adalah ideologinya terpandang sebagai agama politik.

Baca juga :  Ini Cara Bersahabat Dengan Uang

Seperti itulah penjelasan secara singkat namun bermanfaat mengenai pembahasan sistem politik. Mengingat setiap negara pastilah memiliki sistem politik yang berbeda-beda, termasuk negara Indonesia juga pastinya mempunyai ciri khas dari sistemnya sendiri.

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+