Kegigihan Personel TNI Memperbaiki Tanggul Rusak Akibat Banjir Di Aceh Utara

 Kegigihan Personel TNI Memperbaiki Tanggul Rusak Akibat Banjir Di Aceh Utara

ACEH UTARA | SAMUDRAPOST.COM – Sebagai langkah tanggap bencana yang ada di wilayah binaannya, Serka Manurung  selaku Babinsa Desa Kuta Lhoksukon Dusun V bersama personel Koramil 08/Lsk, berkordinasi dengan perangkat desa setempat untuk mengajak warganya melaksanakan kegiatan karya bakti guna membuat penahan banjir agar saat hujan turun, air tidak menggenangi wilayah binaannya.


Kegiatan karya bakti yang diikuti oleh unsur TNI dari Koramil 08/Lhoksukon dan warga Desa Kuta Lhoksukon Dusun V Kecamatan Lhoksukun, Kabupaten Aceh Utara di fokuskan memperbaiki tanggul di pinggir sungai yang jebol, kegiatan karya bhakti ini dilaksanakan pada, minggu  (04/01/2021). di sambut baik oleh warga yang saling bergotong royong dengan personel TNI dari Koramil 08/Lsk, Kodim 0103/Aceh Utara.

Baca juga :  Ribuan Warga Aceh Utara Mengungsi Akibat Banjir

Dikatakan Serka Manurung, wilayah binaannya tersebut hampir setiap tahunnya saat musim hujan turun selalu mengalami kebanjiran akibat luapan air sungai. Tanggul yang selama ini ada, selalu rusak dan tergerus air sehingga air kerap kali masuk ke pemukiman warga sehingga mengakibatkan banjir.


“Untuk itulah, pada hari ini kita memperbaiki tanggul yang sudah rusak. Karung karung yang sudah kita siapkan, kita isi dengan tanah dan ditumpuk bersilangan agar tanggul kuat dan mampu menahan luapan air sungai. Dengan upaya ini diharapkan warga setempat tidak kebanjiran lagi saat hujan kembali turun,” kata Serka Manurung.

Baca juga :  Laksdya TNI Yudo Margono, Pangkogabwilhan I, Jendral di Balik Kesiapan Tempur di Laut Natuna

Ditempat yang berbeda Hal tersebut dibenarkan oleh salah seorang warga Desa Kuta Lhoksukun. Saat hujan deras turun, wilayahnya seringkali terdampak banjir karena letak wilayahnya bersebelahan dengan lokasi aliran sungai Krueng Kerto. Tanggul yang ada selama ini, tidak kuat menahan air sehingga memerlukan perbaikan tanggul agar kuat.

“Atas masukan dari pak Babinsa, Alhamdulillah niat kita untuk memperbaiki tanggul akhirnya terlaksana. Saya mewakili warga mengucapkan terima kasih banyak kepada Babinsa karena selalu peduli dengan keadaan desa kami. Tanpa dorongannya, mungkin pembuatan tanggul ini tidak akan kunjung dibuat karena kesibukan warga,” ungkap Amri.

Dikesempatan yang berbeda Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P menyampaikan melalui Danramil 08/Lhoksukun Kapten Arm Anas Awaluddin bahwa kegiatan Karya Bakti yang dilaksanakan Babinsa Serka Manurung bersama masyarakat adalah satu wujud kepedulian TNI dengan warga Desa Binaannya, semoga dengan di laksanakannya karya bakti perbaikan Tanggul yang jebol ini bisa menahan Luapan air sungai yang mengakibatkan terjadinya banajir di perumahan warga saat Hujan lebat, dengan turunnya curah hujan yang masih cukup tinggi serta untuk mengantisipasi adanya banjir susulan dari luapan air sungai Krueng Kertor, kerja bakti memperbaiki tanggul yang jebol menjadi salah satu cara untuk antisipasi terjadinya banjir. Ungkap Danramil.[rel]

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+