Arahan Kepala BNPB Tentang Penanganan Banjir Aceh Utara Agar Terhindar Covid-19

 Arahan Kepala BNPB Tentang Penanganan Banjir Aceh Utara Agar Terhindar Covid-19

Lhokseumawe | Samudrapost.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, meninjau langsung lokasi yang terdampak banjir di Aceh Utara dan memberikan arahan agar terhindar dari Covid-19.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Doni Monardo, mengatakan, tindakan yang dapat dilakukan untuk jangka pendek, adalah dengan memberikan perlidungan kepada masyarakat yang terdampak banjir.

Baca juga :  Dinkes Lhokseumawe: Pentingnya Pendeteksian Dini Covid-19

“Pihak penyelenggara pengungsian, maka harus bisa memisahkan antara kelompok rentan dengan usia yang masih muda. Hal tersebut penting untuk dilakukan, karena penularan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 masih berpotensi terjadi,” ujar Doni Monardo, Kamis, (10/12/2020).

Doni Monardo menambahkan, apabila nantinya dikemudian hari ada yang terpapar Covid-19 dengan tanpa gejala dan dan tidak sengaja menulari para kelompok rentan di pengungsian, maka hal itu dapat menjadi lebih buruk.

Baca juga :  PMI Lhokseumawe Lakukan Penyemprotan Disinfektan ke 68 Desa Secara Gratis

Kelompok yang tergolong rentan itu, merupakan yang meliputi orang lanjut usia, kemudian bagi mereka yang mempunyai penyakit penyerta atau komorbid, ibu hamil dan menyusui serta anak balita.

Baca juga :  Elon Musk Buka Lowongan Kerja di Tesla, Lulusan SMA Bisa Gabung

“Hal itu wajib dipisahkan dan tidak boleh disatukan dengan kelompok yang masih muda, begitu juga dengan mereka yang dalam kondisi hamil dan sedang menyusui serta anak balita,” tutur Doni.

Berita terkait