Kapal Membawa Imigran Rohingya Dikabarkan Melintasi Perairan Aceh Timur

 Kapal Membawa Imigran Rohingya Dikabarkan Melintasi Perairan Aceh Timur

Lhokseumawe | Samudrapost.com – Beredar informasi kapan yang membawa Imigran Rohingya melintasi wilayah perairan Aceh Timur, sehingga Petugas gabungan TNI Angkatan Laut, Polisi Air dan Udara, serta Basarnas Aceh Timur, melakukan patroli di laut.

Kasatpolairud Polres Aceh Timur, Iptu Zainurrusydi mengatakan, pihaknya berangkat dari dermaga Kuala Idi, Aceh Timur dan menyisir sejumlah wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia.

Baca juga :  Warga Aceh Temukan Bayi Perempuan Di Teras Rumah

“Adanya informasi yang beredar bahwa, kapal yang membawa imigran Rohingya melintasi wilayah Aceh, pada prinsipnya kita menghalau orang masuk ke Indonesia secara illegal. Maka kita susur laut untuk melihat kapal-kapal tersebut, sampai sekarang belum kita temukan,” ujar Zainurrusydi, melalui keterangan tertulis, Rabu (21/10/2020).

Baca juga :  Di Negara Ini, 150 Dokter Meninggal Dunia Akibat Corona

Zainurrusydi menambahkan, saat sekarang ini memang, krisis kemanusiaan yang terjadi di negara tersebut memang belum berakhir, sehingga menyebabkan Imigran Rohingya terpaksa keluar dari negaranya.

Sejumlah desa di Kabupaten Aceh Timur, memang berbatasan langsung dengan laut. Seluruh kepala desa sudah dikomunikasikan untuk memantau kapal asing tersebut, apabila memang ada melintas wilayah perairan Aceh Timur.

Baca juga :  Kedai Nasi Dan Pekerja Seks Di Aceh

“Jadi apabila ada masyarakat yang melihat ada kapal asing masuk, maka bisa langsung melaporkan kepada kami. Langkah-langkah berikutnya tentu kita deteksi dini dan ambil kebijakan sesuai regulasi yang ada,” tutur Zainurrusydi.

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+