Dari Pejabat Hingga Wartawan Terpapar Covid-19 Di Bireuen

 Dari Pejabat Hingga Wartawan Terpapar Covid-19 Di Bireuen

Bireuen | Samudrapost.com – Hasil swab yang dilakukan beberapa hari lalu, Senin (28/09/2020) di Pendopo Bupati Bireuen terhadap puluhan pejabat, keluarga pejabat, masyarakat umum, maupun sejumlah wartawan oleh tim medis dari Dinkes dan RSUD Bireuen sebagian sudah keluar hasilnya, sisanya dalam proses pemeriksaan sampel.

Husaini SH MM selaku juru bicara tim Satgas pencegahan Covid-19 Bireuen didampingi Kadiskes Bireuen, dr Irwan A Gani kepada Serambinews.com, Jumat (02/10/2020) menginformasikan, sampel yang dikirim ke laboratorium Unsyiah Banda Aceh sebanyak 131 sampel, baru sebagian diperoleh hasil.

Dari jumlah 131 sampel, baru diperoleh hasil untuk 70 sampel.

Baca juga :  Polisi Dan Warga Lhokseumawe Kompak Lakukan Rapid Test

Hasil sampel dari laboratorium Unsyiah Banda Aceh menerangkan, dari 70
orang tersebut sembilan orang di antaranya dinyatakan positif Covid-19,
sisanya negatif.

Kesembilan orang tersebut yang dinyatakan positif ujar Husaini, enam orang di antaranya pejabat eselon II, seorang anggota DPRK Bireuen, seorang wartawan di Bireuen, dan seorang sopir pejabat di lingkungan Pemkab Bireuen.

Hasil pemantauan tim medis tambah Kadiskes, kesembilan orang tersebut saat ini dalam keadaan sehat dan baik.

“Hasil pemeriksaan sampel swab menyatakan demikian dan mereka
semuanya dalam keadaan sehat-sehat,” ujar Kadiskes.

Baca juga :  Pesawat Hercules TNI AU Mendarat Darurat di Bandara Exxon Mobil Oil Aceh Utara

Dengan bertambahnya sembilan orang, maka jumlah warga Bireuen yang positif Covid-19 tercatat sudah 105 orang.

“Sudah mencapai 105 orang warga Bireuen yang positif Covid-19 dan saat ini masih menunggu hasil swab. Sebanyak 60 sampel lagi sedang menunggu hasil, mudah-mudahan semua negatif,” ujar Kadiskes.

Langkah berikutnya kata Kadiskes Bireuen, tim surveilen akan melakukan tracking kembali terhadap belasan orang lainnya di sejumlah kantor, sejumlah keluarga dekat atau orang-orang yang pernah berinteraksi dengan warga yang positif Covid-19.

“Tim medis mulai melakukan tracking atau pendataan terhadap belasan orang lainnya untuk diperiksa kesehatannya dan bila memungkinkan dilakukan pengambilan swab,” ujar Kadiskes Bireuen.

Baca juga :  Penyanyi Cantik Ini Polisikan Netizen, Karena Sebut Dirinya Pekerja Seks

Menanggapi tambahan enam orang pejabat yang dinyatakan positif Covid-19, Bupati Bireuen yang juga sedang mengisolasi mandiri di rumahnya meminta para pejabat yang positif Covid-19 dan lainnya untuk isolasi mandiri di rumah selama 14 hari ke depan.

“Tim medis akan melakukan tracking atau pendataan terhadap beberapa orang lainnya yang pernah berinteraksi dengan orang yang positif Covid-19,” demikian bunyi pesan Bupati Bireuen melalui WA kepada Serambinews.com.[serambi]

Berita terkait