Oktober 2020, Rumah Sakit Kesrem Lhokseumawe Bisa Uji Swab

 Oktober 2020, Rumah Sakit Kesrem Lhokseumawe Bisa Uji Swab

Lhokseumawe | Samudrapost.com – Rumah Sakit Kesrem Lhokseumawe, kini memiliki laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) dan ditargetkan pada bulan Oktober 2020, bisa dilakukan uji sampel swab.

Kepala Kesehatan Kodam Iskandar Muda (Kakesdam IM), Kolonel Ckm. dr. Ismi Purnawan, melalui siaran pers  mengatakan, dibangunan tersebut juga memliki mess yang diperuntukkan bagi tenaga medis yang bertugas.

Baca juga :  Di Aceh, Menag Tegaskan Tidak Pernah Larang Cadar dan Celana Cingkrang

“Bangunan untuk laboratorium Polymerase Chain Reaction itu sudah selesai dibangun dan tinggal menunggu sejumlah peralatannya tiba dari pusat, dibangunan itu juga disediakan mess bagi tenaga medis,” ujar dr Ismi, Selasa (29/9/2020).

Baca juga :  Ajudan Wagubsu Positif Corona Dan Tidak Melapor Saat Pulang ke Aceh

dr Ismi menambahkan, nantinya untuk Kota Lhokseumawe terdapat dua laboratorium PCR, yaitu di Rumah Sakit Kesrem dan satunya lagi disediakan laboratorium melalui kontainer, merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dengan adanya Laboratorium PCR tersebut, bisa lebih cepat dalam melakukan pemeriksaan bagi masyarakat, sehingga sampel swab tidak perlu lagi dikirim ke Banda Aceh dan bisa memutus mata rantai penularan.

Baca juga :  Pengamat: Imigran Rohingya Di Aceh Harus Diuji Sampel Swab

“Dengan adanya laboratorium ini, maka pemeriksaan bisa lebih cepat. Hal yang terpenting lainnya adalah, bisa memutus mata rantai penuluran virus corona atau Covid-19,” tutur dr. Ismi Purnawan.

Berita terkait