Kapal Aceh Hebat Akan Segera Berlayar

 Kapal Aceh Hebat Akan Segera Berlayar

Banda Aceh | Samudrapost.com – Pembangunan Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 1 telah memasuki tahap penyelesaian akhir, dan proses peluncuran direncanakan dalam pekan pertama Oktober 2020.

“Sudah mencapai 92 persen sampai akhir Minggu ini. Rencananya (peluncuran) pada Minggu pertama Oktober, masih menunggu pemberitahuan berikutnya dari galangan,” kata Kabid Pelayaran Dinas Perhubungan Aceh Mahyus Syafri seperti dilansir laman Antara, Senin (28/9).

Pembangunan KMP Aceh Hebat 1 berbobot 1.300 GT tersebut dilakukan di Galangan Kapal PT MOS Tanjung Balai Karimun. Kapal itu direncanakan akhir Oktober bersandar di Tanah Rencong.

Baca juga :  Kisah PSK Online Di Aceh

Usai peluncuran, kata Mahyus, ada beberapa bagian yang harus dirampungkan dalam pembangunan KMP Aceh Hebat 1 tersebut saat di atas air, seperti stabilitas kapal, pekerjaan interior.

“Peralatan navigasi, peralatan keselamatan, perangkat radio, radar, instalasi pelistrikan, dan beberapa lainnya,” kata Mahyus.

Sementara persentase pembangunan KMP Aceh Hebat 2 telah mencapai 89,3 persen, selanjutnya KMP Aceh Hebat 3 mencapai 89,5 persen hingga pekan ini, kata Mahyus lagi.

Sebelumnya, Pemerintah Aceh telah memesan tiga unit kapal roro untuk melayani rute pelayaran di tiga pulau di Aceh, yaitu Singkil – Pulau Banyak, Balohan Sabang – Pelabuhan Ulee Lheu dan Lintasan Barat ke Pulau Simeulue.

Baca juga :  Hore...Muara Batu Juara II Festival Kreatif Aceh Utara

Tiga kapal ferry ro-ro yang dipesan Pemerintah Aceh, masing-masing berkapasitas 1.300 GT, kapal yang diberi nama Aceh Hebat 1 ini dikerjakan oleh PT MOS. Kapal tersebut akan melayani rute Labuhan Haji – Simeulue atau Kuala Bubon – Simeulue demikian pula sebaliknya.

Baca juga :  Lucinta Luna Cuma Divonis 1,5 Tahun Penjara, Jaksa Kecewa

Sedangkan Aceh Hebat 2 yang memiliki bobot 1.100 GT, dikerjaakan oleh PT Adiluhung Saranasegara di Bangkalan, dan akan melayani pelayaran dari Singkil ke Pulau Banyak. Terakhir, Aceh Hebat 3 yang berbobot 600 GT dikerjakan oleh PT Citra Bahari Shipyard di tegal, akan melayani rute Ulhee Lheue ke Balohan.

KMP Aceh Hebat merupakan hasil dari program pengadaan kapal ferry roro di bawah Dinas Perhubungan Aceh dengan anggaran Rp178 milliar. Kapal tersebut bertujuan meningkatkan konektivitas antar pulau di Aceh.[kanalaceh]

Berita terkait