Aceh Berpotensi Terjadi Angin Kencang, Kecapantannya Mencapai 100 Km/ Jam

 Aceh Berpotensi Terjadi Angin Kencang, Kecapantannya Mencapai 100 Km/ Jam

Lhokseumawe | Samudrapost.com – Banda Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda, mengeluarkan peringatan dini tentang potensinya terjadi angin kencang di wilayah Aceh.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria mengatakan, angin kencang tersebut berpotensi terjadi di seluruh Aceh, maka masyarakat diimbau untuk lebih waspada.

Baca juga :  Pertemuan Lintas Sektor Membahas Penangan Covid-19

“Angin kencang ini disebabkan karena saat ini wilayah Aceh sudah memasuki ke masa pelarihan, yaitu dari musim kemarau ke musim penghujan dan bukan hanya angin kencang saja, hujan es juga berpotensi terjadi,” ujar Zakaria, ketika dihubungi melalui telepon seluler, Rabu (30/9/2020).

Baca juga :  Mulyadi, Wartawan Aceh Utara Peroleh Terbaik I Lomba AJP 2020 Sumbagut

Zakaria menambahkan, kencepatan angin tersebut bisa mencapai 50 hingga 100 kilometer per jam dan apabila sudah melihat awan berubah menjadi gelap, maka lebih baik berada ditempat yang lebih aman.

Hal tersebut merupakan gejala pembentukan awan-awan comulonimbus, sehingga dengan adanya awan itu, bisa menyebabkan pusaran angin dan menyebabkan angin kencang, bahkan bisa juga menyebabkan angin puting beliung.

Baca juga :  Anggaran Covid-19 Rawan Dikorupsi

“Kalau kecepatan angin yang sudang mencapai 100 kilometer per jam, maka bisa saja menumbangkan pohon dan benda-benda lainnya, maka masyarakat diimbau untuk mewaspadai hal tersebut,” tutur Zakaria.[dialeksis.com]

Berita terkait