Puskesmas Di Lhokseumawe Harus Mampu Deteksi Dini Virus Corona

 Puskesmas Di Lhokseumawe Harus Mampu Deteksi Dini Virus Corona

Petugas Puskesmas Muara Dua, Kota Lhokseumawe, saat mengambil sampel swab salah seorang warga | Foto: samudrapost.com / Agam

Lhokseumawe | Samudrapost.com – Seluruh puskesmas di Kota Lhokseumawe, harus mampu mendeteksi dini virus corona atau Covid-19, sehingga bisa langsung diambil tindakan medis.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, dr Said Alam mengatakan, dengan dilakukan nya deteksi dini Covid-19 disetiap puskesmas, merupaan wujud dari kemampuan puskesmas untuk menangani Covid-19.

Baca juga :  67 Tenaga Medis Di Langsa Terpapar Virus Corona

“Sebagai contoh, apabila seandainya ada seseorang yang menderita batuk dan pilek ke puskesmas, maka pihak puskesmas bisa melakukan traking bagi pasien tersebut dan kemudian bisa merujuk yang bersangkutan ke rumah sakit,” ujar Said, Rabu (12/8/2020)

Baca juga :  94 Warga Rohingya Ditemukan Diperairan Aceh

Said menambahkan, penanganan virus corona atau Covid-19, jangan hanya dikonotasikan dengan penyediaan ruang isolasi saja, melakukan deteksi dini merupakan bagian dari penanganan.

Dirinya juga mengimbau masyarakat untuk tidak panik dengan pandemi yang sedang terjadi saat ini, maka masyarakat harus selalu menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga :  Warga Kota Palu Ini, Miliki Rumah Berlapis Emas Dan 99 Kamar

“Jangan panik dengan virus corona, karena virus ini bisa disembuhkan. Maka butuh peran dari semua pihak untuk bersama-sama dalam menangani pandemi Covid-19 yang sedang terjadi ini.” tutur Said.

Komentar Facebook

Berita terkait

Redaksi menerima tulisan opini dan konten jurnalis wargaKirim
+