Warga Aceh Temukan Bayi Perempuan Di Teras Rumah

 Warga Aceh Temukan Bayi Perempuan Di Teras Rumah

Petugas Medis yang menanganis pasien corona | Sumber Foto: www.liputan6.com

Lhokseumawe – terhitung sejak Minggu, 14 Juni 2020, terkonfirmasi lima pasien positif corona atau Covid-19. Dengan bertambahnya kasus tersebut, maka menjadi jumlah kasus terbanyak di Aceh dalam satu hari.

Covid-19 Provinsi Aceh, Saifullah Abdulgani mengatakan, masing-masing kelima pasien tersebut yaitu, JH, 16 tahun, MA, 7 tahun, RS, 63 tahun, MH, 14 tahun dan YI, 13 tahun, kelimanya merupakan anak, saudara ipar dan mertua dari pasien pasangan DL, 41 tahun dan MS, 42 tahun yang sebelumnya positif corona.

Baca juga :  Jejak Sunda Empire Aceh

“Kelima kasus baru Covid-19 terdiri dari anak, saudara ipar, dan mertua dari suami-istri, MS dan DL, yang sedang diisolasi di Rumah Sakit Umum Cut Meutia, ” kata Jubir Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani.

Saifullah Abdulgani menambahkan, sebagaimana diketahui MS dan DL merupakan termasuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) dan memiliki riwayat perjalan dari Medan, Sumatera Utara.

Pasangan suami –istri ini diketahui terpapar virus corona ketika melakukan rapid test mandiri dan hasilnya reaktif virus, sehingga melakukan tes swab lendir tenggorokan dan hidungnya, untuk lebih memastikan.

Baca juga :  Dr Tirta Sebut Covid-19 Ditunggangi Politik

“Hasil pemeriksaan swab dengan real time polymerase chain reaktion (RT-PCR), Laboratorium Fakultas Kedokteran, Usyiah, diketahui pasangan itu positif Covid-19, pada 19 Juni 2020 lalu,” tutur Saifullah Abdulgani.

Tambahnya, sehingga Suveilens Gugus Tugas Covid-19 mengambil swab 23 orang, yang memiliki kontak langsung dengan MS atau DL, anggota keluarga dan teman dekatnya, pada 12 Juni 2020, dan dikirim ke Balai Litbangkes Aceh, di Lambaro, Aceh Besar.

Baca juga :  Positif Covid-19 Tinggi Di Aceh, Ini Sebabnya

“Maka berdasarkan hasil pemeriksaan PCR ternyata 5 orang konfirmasi positif Covid-19, dan kelimanya memiliki hubungan keluarga dengan pasangan suami-istri tersebut,” kata Saifullah Abdulgani.

Sebagaimana diketahui, kasus positif corona di Provinsi Aceh berjumlah 27 orang, Dengan rincian, 19 sembuh, 7 di rawat di rumah sakit rujukan dan satu meninggal dunia pada Maret 2020 lalu.

Berita terkait