94 Warga Rohingya Ditemukan Diperairan Aceh

 94 Warga Rohingya Ditemukan Diperairan Aceh

Lhokseumawe – Sebanyak 94 Imigran Rohingya ditemukan di perairain Pantai Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara. Saat sekarang mereka masih bertahan di kapal motor dan kondisinya telah rusak.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Seunuddon, Aceh Utara, Inspektur Polisi Satu (Iptu) M Jamil mengatakan, para imigran Rohingya tersebut ditemukan pada Rabu, 24 Juni 2020 siang, di lepas pantai Seunuddon.

Baca juga :  Remaja Aceh Pindah Agama Karena Persoalan Ekonomi

“Saat sekarang ini, mereka masih bertahan di kapal motor yang berada di 4 mil dari bibir pantai Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara. Kondisi kapal yang mereka tumpangi dalam keadaan rusak,” ujar M Jamil, Rabu, 23 Juni 2020.

M Jamil menambahkan, dari 90 warga Rohingya tersebut, terdiri dari 15 orang laki-laki dewasa, 49 wanita dan 30 anak-anak. Awalnya tiga orang nelayan melihat kapal yang sudah terombang-ambing di tengah laut.

Baca juga :  Film Three Days to Kill, Cerita Tentang Agen CIA di Paris

Tiga nelayan tersebut yaitu, Abdul Aziz, asal Aceh Timur, Faisal, dan Raja, asal Kabupaten Aceh Utara. Mereka melihat kapal itu terombang ambing dan terdengan suara jeritan minta tolong.

“Nelayan itu lalu melaporkan ke panglima laot (panglima laut), seterusnya ke Polsek dan Koram

Baca juga :  Mulai Memanas, China Minta Amerika Bayar Utang Ke PBB

Tambahnya, saat sekarang ini pihaknya terus berada sekitar kapal tersebut, agar bisa memastikan segala logistik dan kebutuhan air minum mencukupi dan belum diketahui kapal tujuan awal kapal tersebut.

“Namun kita berada di sekitar kapal untuk memastikan logistik dan kebutuhan air minum. Saat ini, kami terus berkoodinasi bagaimana baiknya menangani warga negara asing ini,” kata M Jamil.[tagar]

Berita terkait