Ini Doa Qunut Nazilah

 Ini Doa Qunut Nazilah

Saat ini umat Islam diseluruh seantero dunia telah melaksanakan Ibadah Puasa, namun tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena sedang dilanda wabah Virus Corona atau Covid-19. Apalagi jumlah yang dinyatakan positif terinfeksi virus itu semakin melonjak di Indonesia.

Kita semua memang diharuskan untuk bergaya hidup bersih, serta menjaga jarak, serta bagi umat Islam juga memohon doa kepada Allah agar semua wabah ini bisa segera berlalu. Maka salah satunya adalah dengan cara membaca qunut nazilah.

Sebagaimana dengan imbauan Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI), yaitu umat Islam membaca qunut nazilah, denga tata cara dilakukan di setiap salat fardu di rakaat setelah ruku.

doa qunut nazilah dibaca dengan suara rendah saat shalat sirriyah, yaitu salat Zuhur dan Asar. salat yang disunnahkan mengeraskan suara, yaitu salat Magrib, Isya, dan Subuh.

Baca juga :  Yuk Belajar Dirumah Melalui TVRI Online

Berikut Doa Qunut Nazilah

Allaahummahdii fiiman hadaiyt

Wa ‘aafinaa fiiman ‘aafaiyt

Wa tawallani fiiman tawallaiyt

Wa baarikli fiimaa a’thoiyt

Wa qini syarro maa Qodloiyt

Fainnaka taqdlii walaa yuqdloo ‘alaiyk

Wa innahu laa yadzillu man waalayt

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiyt

Tabaarokta robbanaa wa ta’aalaiyt

Fa lakal hamdu ‘alaa maa qodloiyt

Astaghfiruka wa natuubu ilaiyk

Allaahummadfa’ ‘annal gholaa’a wal balaa’a wal wabaa’ wal Fahsyaa’a wal Munkar

Was Suyuufal Mukhtalifata wasy Syadaaida wal mihan

Maa zhoharo minhaa wa Maa Bathon

Mim Balainaa Hadzaa Khoosshoh

Baca juga :  PIKM Ilmu Komunikasi Unimal 2019 Ditutup Meriah

wa Min Buldaanil Muslimiina ‘Aammatan

Innaka ‘Alaa Kulli Syaiin Qadiir

Wa shallaahu ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil Ummiyyi wa’alaa aalihi wa Shahbihii wa Sallam

Artinya:

Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Baca juga :  Cegah Corona Dengan Sikat Gigi

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

Bagi imam salat jamaah, saat membaca doa qunut nazilah ini agar mengumumkan lafaz doanya, yaitu dengan mengubah kata ganti untuk diri sendiri (mutakallim wahdah) menjadi kata ganti untuk orang banyak (mutakallim ma ‘al ghaird), dan makmum cukup mengaminkannya.

Dari kata ganti ‘ana’ diubah menggunakan kata ganti ‘nahnu’. Misalnya, dari “Allahummahdinii…” menjadi “Allahummahdinaa…”.

 

 

 

Berita terkait