Berwisata Sambil Mancing di Pulau Siruso

 Berwisata Sambil Mancing di Pulau Siruso

SIKAKAP-Pulau Siruso yang terletak di antara Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai memiliki pantai yang berpasir putih dan bersih. Rugi rasanya berkunjung di pulau itu jika tidak berenang di air laut jernih yang bening.

Pulau Siruso memiliki pemandangan air laut yang unik yakni terdiri dari dua warna, pada bagian tepi warna air laut didominasi warna putih dari pembiasan warna pasir sementara berjarak 50 meter dari tepi pantai warna laut akan lebih biru.

Sambil mengapung di atas pelampung, pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar pulau yang indah. Sementara pengunjung yang ingin berbaring di atas pasir putih akan dibuai dengan hembusan angin yang membuat mata mengantuk.

Bukan cuma panorama alam yang indah yang disuguhkan Pulau Siroso namun bagi para pecinta mancing, maka pulau ini direkomendasi sebagai lokasi pelampiasan hobi tersebut.

Baca juga :  Personel Brimob Polda Aceh Disiagakan di Lokasi Wisata Lhokseumawe

Lokasi pulau ini hanya dapat dicapai dengan menggunakan speed boat selama 45 menit hingga sejam jika memakai mesin 15 PK. Titik keberangkatan dapat dimulai dari Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap dengan membayar biaya sewa sebanyak Rp300 ribu.

Andriko, salah seorang pengunjung pulau yang datang pada hari kedua lebaran Kamis (6/6/2019) mengaku senang karena selain menikmati pantai yang indah, ia juga bisa memuaskan hobi mancingnya di pulau tersebut. Andiko yang datang bersama teman-temannya mengatakan berhasil menangkap ikan kerapu, beracung dan ikan kabur bintik-bintik yang beratnya mencapai 5 kilogram per ekor.

“Berangkat ke Pulau Siruso sekitar pukul 11.30 WIB dari Masabuk, Dusun Sikakap Barat, Desa Sikakap dengan mengunakan perahu boat bermesin 15 PK sampai di Pulau Siruso sekitar pukul 01.30 WIB, sesampai di Pulau Siruso setelah menurunkan penumpang saya dan beberapa orang langsung pergi memancing di sekitar perairan Pulau Siruso dua jam memancing Alhamdulillah dapat dua ekor kabur bintik-bintik berat satu ekornya ada sekitar 5 kilogram, dua ekor kerapu, satu ekor ikan beracung dan beberapa ekor ikan lainnya,” kata Andriko (27) kepada MentawaiKita.com, Kamis (6/6/2019).

Baca juga :  Hmmm Segarnya Markisa dari Dataran Tinggi Gayo....

Andriko menyebutkan, jalan-jalan ke Pulau Siruso tujuan utama untuk pergi memancing sebab ikan yang didapat langsung dipanggang sambil bermain di pantai. Ikan yang didapat Andriko lumayan banyak sehingga sebagian ikan dibawa pulang ke rumah sisa yang dipanggang di pantai.

“Setelah puas memancing ikan kami langsung ke Pantai Siruso untuk menikmati ikan bakar hasil tangkap tadi, setelah itu langsung mandi air laut,” katanya.

Baca juga :  Ikuti Arung Jeram Internasional 19-23 November di Aceh Tenggara

Fauzul Gani, pengunjung Pulau Siruso mengatakan, pergi ke Pantai Siruso enaknya bersama keluarga, selain menikmati panorama alam yang indah seperti pasir pantai berwarna putih dan mandi air laut, juga memancing.

“Lebih asiknya sebelum makan dan mandi air laut enak memancing ikan dulu di sekitar perairan Pulau Siruso, setelah ikan didapat langsung dibakar di pantai dengan bumbu cukup dengan cabai rawit, bawang dan kecap, ikan baru didapat langsung dibakar enak sekali,” ujarnya.

Marliza, pengunjung lain mengaku, jika sudah berada di Pulau Siruso rasanya malas sekali untuk pulang. “Ini disebabkan indahnya panorama alam ciptaan Allah Tuhan Yang Maha Esa, di Pulau Siruso ada juga batu yang mirip dengan kura-kura itu menambah indahnya panorama alam di sini,” katanya.[MK]

Berita terkait