Pasangan Sesama Jenis dari Irlandia Segera Menikah

 Pasangan Sesama Jenis dari Irlandia Segera Menikah

Jakarta – Pasangan sesama jenis dari Belfast, Irlandia mencatat sejarah sebagai pasangan LGBT pertama yang akan melangsungkan pernikahan. Pasangan itu Sharni Edwards dan Robyn Peoples akan menyatukan ikatan cinta kasih “tak lazim” itu dalam pernikahan yang resepsi akan digelar pada 11 Februari mendatang disebuah hotel di Carrickfergus, County Antrim, Irlandia Utara.

Pasangan ini merencanakan untuk mendaftarkan pernikahan di kantor catatan sipil pada tanggal yang sama. Seperti diketahui, Irlandia Utara baru saja mensahkan peraturan yang melegalkan pernikahan sesama jenis. Sharni Edwards (27 tahun) dan Robyn People (26) merencananakan untuk menikah setelah pemerintah Irlandia Utara mengeluarkan UU pernikahan sejenis.

“Kami berdua gugup, tapi sangat bersemangat. Kami tidak percaya, pernikahan itu berlangsung minggu depan,” kata mereka kepada BBC, seperti diberitakan dari independent.co.uk, Jumat, 7 Februari 2020.

“”Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua warga Irlandia Utara yang telah mendukung pernikahan kami. Di belakang layar, semua orang yang berbaris, semua orang diemailkan, petisi, semuanya sekali lagi terima kasih,” ucap Edwards.

Berbicara kepada Pink News, Edwards mengatakan, ini merupakan suatu kenyatakan bahwa ia dan Peoples akan segera menjadi pasangan hidup. Edwards mengaku seperti tak percaya bisa akan segera menikah. “Saya mencubit diri sendiri, dan sakit. Ini artinya nyata dan saya pun bersyukur. Saya ingin menunjukkan kepada generasi muda bahwa tidak apa-apa seorang wanita mencintai wanita,” ucapnya.

Edwards dan People bertemu pada tahun 2014 di klub malam Kremlin di pusat kota Belfast. Kduanya menjalin cinta. “Kami tak pernah terpisahkan sejak itu,” ucap Edwards.

UU pernikahan sesama jenis Irlandia Utara ini sejalan dengan seluruh bagian Inggris. Sejak 2014, Inggris, Skotlandia dan Wales mensahkan UU pernikahan sesama jenis.

Baca juga :  Kerusakan Teknis, Pesawat Hercules TNI Mendarat Darurat di Bandara Exxon Mobil Oil Aceh Utara

Selain pernikahan sejenis, Irlandia Utara juga melegalkan praktik aborsi. Parlemen Irlandia Utara mengesahkan UU abrosi dan pernikahan sejenis dan mulai berlaku Selasa, 22 Oktober 2019 waktu tengah malam. Ini merupakan perubahan sejarah yang luar biasa di Irlandia Utara yang selama ini terkenal dengan budaya yang konservatif.

Gorreti Horgan, juru bicara hak asasi aborsi, Alliance for Choise, pemberlakuan UU Aborsi dan Pernikahan Sejenis merupakan kemenangan kelompok pendukung aborsi dan pernikahan sejenis. Senin lalu, mereka merayakan kemenangan dengan melakukan aksi demonstrasi.

“Ribuan gadis di Irlandia melakukan aborsi secara diam-diam setiap tahunnya. Kini dengan diberlakukannya UU ini, mereka tidak harus bersembunyi dan bisa ditangani secara medis,” kata Horgan seperti diberitakan dari washingtonpost.com, Selasa, 22 Oktober 2019.[TG]

Bagikan

Berita terkait