Wali Kota Lhokseumawe Sawue Gampong Blang Poroh

 Wali Kota Lhokseumawe Sawue Gampong Blang Poroh

Lhokseumawe – Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya melakukan blusukan, dalam bahasa Aceh disebut “Saweu” Gampong Blang Poroh, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, bertujuan untuk melihat secara langsung apa saja persoalan yang sedang di hadapi.

Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya mengatakan, setiap desa-desa di Kota Lhokseumawe, sudah seharusnya mencanangkan program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang tepat sasaran.

“Setiap dana desa yang dialokasi ke setiap gampong, maka harus ada program pemberdayaan ekonomi masyarakat, sehingga perekonomian gampong tersebut bisa mandiri dan tidak tergantung dari pihak manapun,” ujar Suaidi Yahya, Jumat 13 Desember 2019.

Baca juga :  Anggota DPR Aceh Ini, Evakuasi Wanita Hamil Yang Terkepung Banjir

Suaidi Yahya menambahkan, begitu juga dengan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) harus dikelola dengan tepat sasaran, agar bisa menghasilkan unit-unit usaha desa yang lebih maksimal.

Maka jangan langsung memikirkan untuk mendirikan unit usaha yang besar, maka mulai lah melakukan unit-unit Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), serta masyarakat gampong direkrut untuk bekerja.

Baca juga :  Wali Kota Lhokseumawe Berikan Dana Bagi Pasien ODP Rp 200 Ribu Per Hari

“Coba bayangkan saja kalau seandainya BUMG disetiap gampong sukses melahirkan UMKM dan usaha perekonomian kreatif, maka sudah berapa banyak tenaga kerja yang tertampung,” tutur Suaidi Yahya.

Tambahnya, dengan banyaknya tenaga kerja yang tertampung, maka bisa menekan angka pengangguran dan kemiskinan di setiap gampong-gampong, makanya harus fokus untuk menciptakan program pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Kalau semuanya ini sudah berjalan, maka gampong-gampong kita sudah mandiri dan tidak lagi bergantung kepada pihak lain. Semuanya bisa dilakukan dengan baik dan harus saling berkordinasi,” katanya.

Baca juga :  Biaya Pengembangan Blok Lhokseumawe Capai Rp 1,2 Triliun

Untuk mendengarkan langsung keluhan masyarakat, serta untuk melihat perkembangan sarana dan pra sarana di masing-masing gampong, Pemerintah Kota Lhokseumawe mencetus program Saweu Gampong.

Wali Kota Lhokseumawe juga memberikan bantuan berupa kipas angin uap dan pengeras suara, yang diterima langsung oleh PJ Keuchik Blang Poroh, Muslem. Dalam kunjungan tersebut juga turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lhokseumawe T. Adnan dan Muspika Muara Dua.

Berita terkait