Lokakarya di Unimal, Plt Gubernur Aceh Ajak Kampus Berkolaborasi Lahirkan SDM Unggul

 Lokakarya di Unimal, Plt Gubernur Aceh Ajak Kampus Berkolaborasi Lahirkan SDM Unggul

Plt. Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT menjadi salah satu pembicara di lokakarya visi, misi, tujuan dan sasaran Universitas Malikussaleh 2020-2024, di Kampus Malikussaleh, Kota Lhokseumawe, Senin (23/12/2019). kanal Inspirasi/Rahmat Mirza

LHOKSEUMAWE – Universitas Malikussaleh (Unimal) mengadakan lokakarya penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Unimal 2020-2024, di Gedung Cut Meutia Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Senin (23/12/2019).

Kegiatan itu digelar usai peresmian Migas Center Unimal yang akan berfungsi menjadi Pusat Informasi, Sosialisasi, Edukasi, Advokasi dan Layanan Migas Aceh.

Lokakarya itu menampilkan Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Rektor Unimal, Dr. Herman Fithra, dan Presiden Direktur PT Perta Arun Gas (PAG), Arif Widodo, sebagai pemateri.

Kegiatan tersebut dipandu akademisi Unimal, Dr. Nirzalin, dihadiri para pimpinan dari 16 perguruan tinggi negeri dan swasta di Aceh, akademisi, mahasiswa, unsur pemerintahan, dan stakeholder lainnya.

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah, MT mengajak seluruh kampus di Aceh untuk berkolaborasi membentuk SDM Aceh yang mampu bersaing secara global.

Baca juga :  Perempuan Di Pandeglang Pakai Baju Palu Arit

Ajakan tersebut dilontarkan Nova dalam Lokakarya Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Universitas Malikussaleh, di Aula Cut Meutia komplek kampus Unimal Bukit Indah.

Dalam pemaparannya, Plt Gubernur juga mengajak seluruh generasi muda Aceh untuk berbangga dengan status Aceh sebagai satu-satunya daerah di nusantara yang menerapkan Syari’at Islam dalam seluruh sendi kehidupannya.

Pembangunan SDM yang berkualitas dan berdaya saing sagat berkaitan erat dengan tujuan membangun Aceh yang lebih baik di masa kini dan masa yang akan datang. Komitmen ini telah menjadi Visi dan Misi Pemerintah Aceh dan dilaksanakan melalui Program Aceh Carong.

Selain itu, Nova juga mengatakan, kegiatan dilakukan pihak Unimal ini tentunya bisa diadopsi oleh perguruan tinggi negeri maupun swasta lainnya di Aceh. Dia menyebut forum seperti ini sangat strategis.

Baca juga :  Anggaran Covid-19 Rawan Dikorupsi

Menurut Nova, Pemerintah Aceh juga akan selalu meng-update kegiatan dan programnya secara terbuka. Visi dan misi Pemerintah Aceh sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).

“Tentunya kita harus mampu mengikuti perkembangan zaman, harus melihat kebutuhan terkini dari rakyat dan Pemerintah Aceh. Paling penting dalam lokakarya ini bagaimana kita bisa terintegrasi dengan revolusi industri 4.0. Semuanya harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan globalisasi untuk ke depan,” kata Nova Iriansyah.

Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah bersama Rektor Unimal Dr. Herman Fithra melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Aceh dan Universitas Malikussaleh mengenai penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, penelitian , pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia aceh. Samudra Post/Rahmat

Sementara itu, Rektor Unimal Dr. Herman Fithra, kepada para wartawan menyebutkan kampus ini sangat terbuka dan 50 persen mahasiswa yang menempuh pendidikan di Unimal berasal dari luar daerah. Namun, dengan melihat histori Unimal, pihaknya tetap menampung anak-anak Aceh untuk bisa kuliah di perguruan tinggi ini.

Baca juga :  Ancam Camat, Pria Bersenjata Api Ditangkap Polisi

Herman menyebutkan, tahun 2020 Unimal akan membuka Prodi Perminyakan dan mendapat dukungan pihak dunia industri migas. “Jadi, nanti ada Pertamina termasuk PHE, juga Zaratex N.V., dan Repsol, sebagai kontraktor migas di Aceh, akan mendukung Prodi Perminyakan di Unimal,” ujar Rektor Unimal.

Peralatan di dalamnya gedung Migas Center, itu didukung empat perusahaan yakni PHE NSO, PHE Siak, PHE Kampar, dan Pertaminan EP Rantau, yang dikoordinir oleh Pertamina Hulu Energi atau PHE di Jakarta untuk membantu Unimal,” pungkas Rektor Unimal.

Acara ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita. Plt Gubernur Aceh, meyakini, keberadaan Migas Center ini akan sangat membantu kegiatan perkuliahan di Unimal. []

Berita terkait