Panwaslih Lhokseumawe Sampaikan Hasil Pengawasan Pemilu 2019

 Panwaslih Lhokseumawe Sampaikan Hasil Pengawasan Pemilu 2019

Ketua Panwaslih Kota Lhokseumawe Teuku Zulkarnain bersama Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya. Samudra Post/Rahmat

LHOKSEUMAWE – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Lhokseumawe menggelar sosialisasi hasil pengawasan Pemilu 2019 bersama stakeholder di Hotel Lido Graha Lhokseumawe, Selasa (26/11/2019).

Penyampaian hasil pengawasan pemilu tersebut, turut dihadiri Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya, Ketua KIP Lhokseumawe Mohd. Tasar, beserta  Komisioner KIP, Muchtar Yusuf, Mulyadi, Zainal Bakri, dan T. Marbawi, Sekda Lhokseumawe T. Adnan, perwakilan Korem 011/Lilawangsa, Kodim 0103 Aceh Utara, Polres Lhokseumawe, Lanal Lhokseumawe, Forkopimda lainnya, serta sejumlah unsur Universitas, LSM, dan Organisasi lainnya.

Ketua Panwaslih Kota Lhokseumawe Teuku Zulkarnain. Samudra Post/Rahmat

Ketua Panwaslih Kota Lhokseumawe, Teuku Zulkarnain, mengatakan pihaknya menyampaikan kepada stakeholder atau publik tentang hasil pengawasan Pemilu 2019, baik dari aspek pengawasan, pencegahan, maupun penindakan hukum dan sengketa.

Penyampaian ini dilakukan dalam bentuk pertemuan para pihak ataupun secara tertulis berupa buku dan nantinya akan diserahkan kepada pihak-pihak terkait.

“Pada tahapan-tahapan yang lain, secara berkala kita selalu menyampaikan progres kepada Panwaslih Provinsi Aceh dan Bawaslu RI serta stakeholder terkait apa yang kita lakukan. Hari ini adalah akumulasi semua kegiatan pemilu yang disampaikan,” kata Teuku Zulkarnain.

Tahun 2020 pihaknya sudah menyusun rencana jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek yang akan dilaksanakan di Kota Lhokseumawe. Untuk itu diharapkan kader-kader pengawasan bisa muncul untuk ke depan, dan edukasi yang dilakukan kepada masyarakat lebih ditekankan pada tahun 2020.

Untuk jangka panjang kita targetkan pada tahun 2024 pada saat pemilu serentak nanti dilaksanakan, masyarakat di Lhokseumawe sudah ada kader pengawasan partisipatif, dan kemudian ada kader-kader yang menggantikan posisi kami sebagai panitia pengawasan pemilihan.

Partisipasi diharapkan dari masyarakat bagaimana mereka bisa mencerna informasi akurat, dapat membedakan informasi benar dan mana yang hoaks. “Tentunya semua ini harus mendapat dukungan dari semua pihak supaya bisa menjadi lebih baik untuk masa akan datang,”  ujar Teuku Zulkarnain.

Baca juga :  Prostitusi Online di Aceh Sudah Ada Sejak Tahun 2006
Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya. Samudra Post/Rahmat

Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya mengatakan, penyampaian hasil Pemilu 2019 dari Panwaslih cukup bagus walaupun tidak seratus persen.

“Apabila dibandingkan beberapa daerah lainnya sudah bagus. Kita akui berjalan dengan baik dan sukses pemilu di Kota Lhokseumawe, aman, tentram, dan tidak ada permasalahan yang fatal.

Walaupun ada sedikit terjadi sengketa pemilu, tapi mampu mengatasi secara langsung yang dilakukan Panwaslih dan tidak ada gejolak yang besar, kita golongkan pemilu di Lhokseumawe sudah berjalan sangat baik,” ujarnya.

Menurut Suaidi Yahya, pihaknya melihat masyarakat di Lhokseumawe sudah dewasa dalam berpolitik. “Semoga ke depan akan menjadi lebih baik lagi ketika menghadapi pilkada nantinya,” pungkas Suaidi Yahya. []

Bagikan

Berita terkait