Nikmatnya Kari Kambing khas Aceh Besar…

 Nikmatnya Kari Kambing khas Aceh Besar…

Lem Jamal berada di dapur kari kambing warungnya di Desa Meunasah Mayang PA, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Selasa (5/11/2019) siang.

 

Kuali besar itu mengeluarkan kepulan asap tipis. Lem Jamal, terlihat santai membungkus kari kambing. Sebagian melayani pembeli yang bersantap siang di warungnya.

 

Sekilas warung itu sangat sederhana. Hanya beratap seng dengan dinding papan. Namun, jangan lihat tampilan fisiknya. Di sinilah, khas kari kambing Aceh Besar itu sungguh mempesona.

 

Di sini, kari kambing dimasak khas Aceh Besar. Khas itu terletak pada banyaknya bumbu kelapa yang digonseng. Sehingga serbuk halus kelapa itu terlihat mengapung di kuah. Ditambah lagi rasa empuk daging yang sungguh lezat.

 

Buka sejak pukul 09.00 WIB dan tutup hingga pukul 14.00 WIB. Untuk itu, jika ingin merasakan penganan nikmat itu harus segera datang saat siang tiba. Jika tidak, warung itu sudah tutup.

 

“Kami membatasi buat makan siang saja. Dalam sehari itu bisa habis 25 kilogram daging,” kata Lem Jamal.

 

Untuk menuju lokasi ini terbilang mudah. Jika Anda menggunakan jalur darat dari Medan menuju Banda Aceh, maka jadikanlah kantor Harian Serambi Indonesia (Kompas Group) sebagai patokan. Letaknya di sisi kiri. Lalu lihatlah lorong di samping kanan koran terbesar di Aceh itu.

 

Ikuti lorong itu. Sekitar 200 meter masuk ke dalam lihatlah sisi kanan. Di situlah Lem Jamal membuka warungnya. Aroma kari kambing akan terasa dari kejauhan.

 

Selain kambing, Lem juga menyediakan sepiring kecil gorengan daging sapi. Dicampur bawang, asam jeruk nipis dan cabai rawit. Ini sejenis cemilan sebelum menyantap makanan kari kambing.

Baca juga :  Nah Lo, 4 Kabupaten Terendam Banjir di Aceh

 

Masyarakat lokal percaya kari kambing bisa membuat darah tinggi. Agar tidak kambuh darah tinggi, maka di sana juga disediakan jus timun serut.

 

“Biar darah tetap stabil,” sebut Lem tersenyum.

 

Salah seorang pengunjung, Muhammad AH, menyatakan jika ditanya dimana kari kambing terlezat khas Aceh Besar? Maka Lem Jamal tempatnya. “Saya rekomendasikan Lem Jamal. Warungnya memang tidak modern. Tapi makanan itu soal rasa, bukan soal tempat,” pungkasnya.

 

Nah, penasaran. Jika Anda ke Banda Aceh, cobalah nikmati penganan ini. Selamat mencoba.

|

 

 

 

Bagikan

Berita terkait