Kerukunan Umat Beragama di Aceh Masih Tinggi

 Kerukunan Umat Beragama di Aceh Masih Tinggi

Banda Aceh – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Daud Pakeh menyebutkan, kondisi kerukunan umat beragama di provinsi tersebut sangat baik dan kondusif.

Hal itu disampaikan Daud Pakeh di hadapan Menteri Agama, Fachrul Razi saat silaturahmi bersama ulama Aceh di Asrama Haji di Banda Aceh, Minggu 17 November 2019 sore.

“Alhamdulillah tahun 2018 kita Aceh meraih peringkat satu Harmony Award tingkat nasional,” kata Daud Pakeh.

Baca juga :  Alumni ISI Jogja Teliti Seni Pertunjukan Tradisi ACeh Mop-Mop

Daud Pakeh juga menyebutkan, saat ini Aceh memiliki rumah ibadah, yang terdiri dari masjid berjumlah 4. 137 dan meunasah 7. 396. Kemudian, Gereja Katolik berjumlah 20, Gereja Umat Kristen berjumlah 189.

Dalam kesempatan itu, ia juga bersyukur atas pemberian status Ma’had Aly dari Kementerian Agama RI untuk lima pondok pesantren di Aceh. Kelima pondok pesantren itu adalah Mudi Mesra Samalanga, Darul Munawwarah, Malikussaleh Panton Labu, Babussalam Al Hanafiyyah dan Darul Maarif Cot Trueng.

Baca juga :  FOTO : Pemilik Kapal Yacht di Pelabuhan Krueng Geukueh Ternyata Pengusaha di Inggris

Daud Pakeh berharap Ma’had Aly di provinsi Aceh terus bertambah, khususnya untuk wilayah barat selatan. Menurutnya, dayah dan santri memiliki peran strategis dalam membela negara, melawan radikalisme, narkoba dan ia sebagai benteng pendidikan karakter.

“Dari 48 Ma’had Aly di Indonesia, lima di antaranya di Aceh, mudah-mudahan jumlah tersebut dapat bertambah Bapak Menteri, khususnya untuk wilayah barat selatan,” katanya.

Baca juga :  Viral Lebaran Idul Fitri Dua Kali Dalam Satu Tahun, Ini Faktanya

Menanggapi permintaan itu, Menteri Agama Fachrul Razi menyebutkan bahwa akan menerima masukan-masukan tersebut. Bahkan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan agar terwujudnya Ma’had Aly di barat selatan Aceh.

“Sedang disiapkan itu (Ma’had Aly di Aceh Selatan), tapi saya sudah pernah menerima Ma’had Aly seluruh Indonesia dan saya mengatakan bahwa mereka kader-kader Islamyang luar biasa, untuk ke depan nanti,” katanya.[TG]

Berita terkait