114 Nakhoda Kapal Ikan Di Lhokseumawe Ikuti Kecakapan Berlayar

 

Lhokseumawe- Sebanyak 114 nakhoda kapal penangkap ikan  yang ada di Lhokseumawe dan sebaghian Aceh Utara, mengikuti pelatihan Surat Keterangan Kecakapan Nakhoda 60 mil.

 

Kegiatan pelatihan yang digelar di aula PPI Pusong, Lhokseumawe yang digelar selama Tiga hari (30 November sd 1 Oktober) tersebut merupakan kegiatan kerjasama antara KKP dan Kemenhub. Sedangkan pemateri kegiatan dimaksud berasal dari Politeknik  Pelayaran Malahayati, Banda Aceh.

 

Kepala UPT PPI Pusong Asmadi mengatakan, bahwa tujuan para nakhoda kapal nelayan mengikuti kegiatan pelatihan dimaksud adalah agar para nakhoda kapal nelayan memiliki kecakapan didalam melakukan aktivitasnya melaut.

 

“ Setelah mengikuti kegiatan ini, mereka memiliki kompetensi didalam melakukan kegiatan pelayarannya serta dibuktikan dengan surat kompetensi bagi nakhoda kapal nelayan untuk semua jenis,” ujar Asmadi.

 

Lanjutnya lagi, sedangkan materi yang disampaikan selama pelaksanaan kegiatan tersebut adalah, pengenalan alat-alat keselematan pelayaran dan pengunaannya serta fungsi alat-alat tersebut serta masalah navigasi dan juga tentang aturan-aturan pelayaran perikanan.

 

“ Dengan adanya pelatihan kompetensi ini, diharapkan terpenuhinya kompetensi para nakhoda kapal nelayan serta semakin terciptanya keselamatan dan ketertiban didalam pelayaran perikanan,” pungkas Asmadi. (Muchlis)

 

Bagikan

Berita terkait