Warga Aceh di Wamena Dievakuasi

 Warga Aceh di Wamena Dievakuasi

 BANDA ACEH | Pemerintah Aceh mengirim Kepala Dinas Sosial, Aceh, Alhudri, ke Wamena, Papua untuk memastikan keselamatan warga Aceh di sana.

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam siaran persnya, Sabtu (5/10/2019) menyebutkan kemarin sekitar pukul 10.30 WIB rombongan Pemerintah Aceh telah tiba di Wamena. “Ternyata, di Wamena hanya tersisa 5 orang saja warga kita,” ujar Plt Gubernur.

Nova menjelaskan, kemungkinan 5 orang warga Aceh ini akan di evakuasi dari Wamena ke Jayapura karena situasi di Jayapura memang sangat kondusif.

Baca juga :  Komnas HAM Minta Negara Tidak Kriminalisasi Para Pembela HAM

“Saya telah perintahkan Kadis sosial untuk membawa langsung warga kita keluar dari Wamena. Selanjutnya, setelah berada di Jayapura, baru kita ajak bermusyawarah, apakah mereka ingin tetap bertahan di Jayapura sembari menunggu situasi Wamena kondusif, atau karena psikologisnya masih agak trauma dan mereka ingin pulang ke Aceh, maka akan kita fasilitasi akan kita biayai,” sambung Nova.

Baca juga :  Berantam Rebutan Cewek, Pria Lhoksukon Ditangkap Polisi

Nova juga menambahkan, selain lima warga Aceh yang berada di Wamena, ada juga warga Aceh yang sudah berada di Malang. Ditambah dengan satu keluarga yang berasal dari Aceh Tenggara. Keluarga ini ikut rombongan yang di evakuasi ke Malang, dengan menumpang pesawat Hercules milik TNI AU.

“Warga kita yang di Malang juga sudah kita kontak dan sudah dalam pantauan. Namun, Pemerintah Aceh tidak dalam posisi menentukan mereka akan kemana tetapi mereka yang menentukan sendiri. Kita hanya memfasilitasi saja. Berdasarkan laporan dari Kadis Sosial, meski sudah kondusif, namun kondisi Wamena masih sepi dan lengang, jadi kita tidak berani membiarkan warga kita untuk tidak keluar dari Wamena,” pungkas Plt Gubernur. |RI

Berita terkait