Lihat Sisi Lain Ulee Madon…

 Lihat Sisi Lain Ulee Madon…

ACEH UTARA – Warga Gampong Ulee Madon, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara membuka dua hektar (ha) lahan baru untuk menanam tomat dan cabe.

Selain beraktivitas sebagai petani dan perajin tas motif Aceh, warga setempat juga sudah mulai berkebun dengan memanfaatkan lahan kosong milik mereka masing-masing.

Keuchik Ulee Madon, Tgk Salahuddin AB, Sabtu (12/10/2019) mengatakan sangat mendukung langkah dilakukan warganya dengan memanfaatkan lahan kosong untuk menanam tomat dan cabe.

Baca juga :  Harga emas 24 Karat Antam Hari Ini Turun Rp 8.000 Per Gram

“Kita sangat mendukung, bahkan kita mengajak mari sama-sama memanfaatkan lahan kosong untuk bertani, meskipun lahan kosong yang berada didepan rumah,”katanya.

Salahuddin menjelaskan jika petani benar-benar tekun dalam mengelolah pertanian seperti tanaman tomat dan cabe, bakal memiliki keuntungan yang luar biasa.

“Untuk warganya yang memanfaatkan lahan kosong dirumahnya, minimal tidak lagi membeli di pasar, tentunya ini akan sangat menghemat pengeluaran belanja perhari,”jelasnya.

Salahuddin menambahkan dilihat di beberapa daerah penghasil tomat dan cabe, karena ketekunan serta keuletan, sangat membantu dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

Baca juga :  Plt Gubernur Dukung Program Bank Internasional di Aceh

“Jadi kita mengajak warga, selain menjadi petani dan perajin tas motif Aceh, bagi warganya miliki lahan kosong mari kita sama-sama memanfaatkan untuk bertani kebun,”ujarnya.

Salah seorang petani di Ulee Madon, Hamdani mengatakan lahan yang digarap untuk menanam tomat dan cabe seluas 2,5 hektar, dengan modal awal sekitar Rp 18 Juta.

Ia menjelaskan memilih untuk menanam tomat dan cabe, dikarena itu merupakan kebutuhan sehari-hari masyarakat. Untuk hasil panennya biasanya saya bawa sendiri ke pasar Gandapura dengan harga jual tomat Rp 3.500/perkilo, jika dilangsung diambil ke kebun, dijual Rp 3.000/per kg.

Baca juga :  Ingin Nikmati Seni, Yuk Datangi Lhokseumawe Expo 9-15 November 2019

“Ini baru pertama saya menanam tomat dan cabe, bahkan untuk tanaman tomat udah mulai panen, ini udah panen tahap ke empat, sekali panen dia mendapatkan 220 Kg atau sekitar Rp 600 ribu,”pungkasnya. |MU

Berita terkait