Kena Flu? Ini 5 Cara Paling Ampuh untuk Melumpuhkannya

 Kena Flu? Ini 5 Cara Paling Ampuh untuk Melumpuhkannya

Samudrapost.com – Penyakit Flu adalah hal yang sangat menyebalkan bagi semua orang. Flu yang disertai demam, batu, dan pilek memang sangat mengganggu aktivitas.

Tapi tahukah Anda bahwa flu dapat diatasi dengan cara yang sederhana dan mudah. Sebagaimana dilansir dari Theguardian, Senin (30/919) ada 5 cara ampuh untuk mengurangi flu.

Konsumsi antivirus

Jika Anda merasakan gejala flu, maka kamu bisa bertanya kepada dokter tentang resep obat antivirus. Salah satunya oseltamivir, dijual sebagai Tamiflu dan Zanamivir (Relenza). Keduanya bekerja dengan menghalangi enzim yang membantu virus menginfeksikan sel-sel baru.

Obat ini paling efektif jika kamu meminumnya dalam waktu 48 jam dari gejala pertama, dan dapat memperpendek serangan flu dalam per hari. Tapi, tidak menutup kemungkinan terjadinya efek samping. Sehingga tidak akan selalu diberikan resep.

Perlu kamu ketahui, jika kamu memiliki kondisi diabetes atau penyakit jantung. Sehingga dapat meningkatkan risiko komplikasi, maka sangat penting untuk meminta antivirus.

Tidur cukup

Tahukah Anda, penelitian telah menunjukkan bahwa tidur yang cukup membuat sistem kekebalan tubuh tetap sehat. Sangat penting bagi kemampuan tubuh untuk menjaga jumlah sel darah putih tinggi dan melawan infeksi.

Hal ini juga dapat membantu Anda untuk mencegah gejala flu. Terutama jika Anda pernah suntik flu, sehingga tubuh menghasilkan lebih banyak antibodi untuk merespons imunisasi sehingga dapat melindungi Anda.

Perhatikan makanan dan minuman

Tahukah Anda, banyak ahli percaya bahwa penting untuk minum minimal delapan cangkir setara 250 ml cairan sehari selama sedang flu. Pada umumnya flu memiliki gejala seperti, berkeringat dan pilek meningkatkan jumlah air dalam tubuh hilang. Maka penting untuk menjaga asupan cairan untuk mencegah dehidrasi.

Baca juga :  In Memoriam: Hermandar, Memurnikan Makna Perjuangan

Bahkan, minum juga dapat mengurangi perhambatan dan menghentikan lendir yang menumpuk di paru-paru yang dapat memicu pneumonia. Makanan vitamin C, seperti kiwi dan paprika hijau. Wortel, ubi, dan labu yang kaya antioksidan juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda loh!.

Kurangi aktivitas

Saat Anda merasa flu, maka tetaplah menjaga kondisi badan tetap hangat. Sehingga membantu tubuh Anda untuk mempertahankan energinya untuk melawan kekebalan tubuh.

Bahkan, para ahli telah merekomendasikan untuk tinggal di rumah dan beristirahat sampai bebas dari demam selama 24 jam. Demi menghindari dari penularan virus. Hal ini dapat mengurangi risiko mengembangkan kompilasi seperti pneumonia.

Coba suplemen NAC

N-asetil L-sistein (NAC) adalah antioksidan kuat. Bahkan. penelitian telah menunjukkan bahwa, hal itu dapat mengurangi durasi dan tingkat keparahan flu. Dengan meningkatkan imunitas, mengurangi lendir pernapasan dan menghambat kemampuan virus untuk bereplikasi. (mrt)

Sumber : Okezone

Bagikan

Berita terkait