Aceh Segera Miliki Lapas dengan Keamanan Maksimum

 Aceh Segera Miliki Lapas dengan Keamanan Maksimum

BANDA ACEH – Kanwil Kemenkum HAM Aceh akan menaikkan status Lapas Lhoknga di Aceh Besar, menjadi lapas dengan keamanan maksimum (maximum security).

“Lapas maximum security diperuntukkan bagi para narapidana memiliki risiko yang berbahaya di seluruh Aceh akan ditempatkan di penjara tersebut.

Napi berisiko yang dimaksud, kecenderungan melarikan diri, mengedarkan narkoba, memprovokasi para narapida lainnya. Nantinya, perlakuan terhadap napi tersebut bakal berbeda dengan narapidana lainnya,” kata Kepala Kanwil Kemenkum HAM Aceh Lilik Sujandi kepada wartawan di Banda Aceh, Rabu (30/10/2019).

Baca juga :  Ketika Gus Dur Nonaktifkan Wiranto karena Tersangkut Kasus HAM

Kanwil Kemenkum HAM Aceh Lilik Sujandi menargetkan perubahan LP Lhoknga menjadi maximum security pada awal 2020. Pihaknya akan menyiapkan berbagai kelengkapan untuk mendukung lapas maximum security seperti perangkat fisik, petugas serta teknologinya.

Baca juga :  Panwaslu Aceh Utara Dilapor ke DKPP, Tunggu Sidangnya...

“Untuk sementara kita fokus di LP Lhoknga, nanti tentu akan kita lihat lagi potensi mana yang mungkin,” ujarnya.

Untuk kapasitas Lapas Lhoknga dengan kategori medium security, mampu menampung sekitar 80-90 napi.

Baca juga :  1 Dihukum Mati, 3 Seumur Hidup, Kasus 50 Kilogram Sabu-sabu

Lilik mengharapkan napi yang telah ditempatkan di sana nantinya bisa menjadi lebih disiplin usai ditempa dengan pendidikan kedisiplinan khusus.

“Kalau dia sudah melalui tahapan dan assessment, risiko berbahaya turun, nanti bisa dikembalikan lagi ke lapas medium security,” pungkasnya. |RIL

Berita terkait